==K.Tokoh== Yunus
Nabi pada zaman Yerobeam II (/TB 2Raj 14:25).
Panggilan ke Niniwe; lari ke Tarsis (/TB Yun 1:1-3).
Menyebabkan angin rebut; dibuang ke dalam laut (/TB Yun 1:4-6).
Ditelan oleh seekor ikan (/TB Yun 1:17).
Doa (dalam /TB Yun 2:1-10).
Berkhotbah kepada orang Niniwe (dalam /TB Yun 3:1-10).
Sikapnya ditegor Tuhan (dalam /TB Yun 4:1-11).
Tandanya (/TB Mat 12:39-41; Luk 11:29:32).
==K.Haag== Yunus
Yunus. (Bhs. Ibr.: Merpati).
(I). Salah seorang dari para nabi kecil. Putera Amitai. Ia
memaklumkan berkembangnya kerajaan kepada Yerobeam II (787-747)
(/TB 2Raj 14:25). ~Y berasal dari Gat-hefer di Zebulon
(/TB Yos 19:13) sebelah timur-laut Nasaret.
(II). KITAB YUNUS.
Kitab ~Y tidak diberi nama menurut penulisnya, melainkan
menurut pemegang peran utamanya. Agar dapat menghindari perintah
Yahwe untuk mewartakan kotbah silih di Ninewe, ia rubah haluan
perjalannya dengan naik kapal yang menuju ke Tarsis. Pada waktu ada
angin ribut di laut, maka ia dibuang ke laut oleh para nelayan. Ia
ditelan oleh seekor ikan. Tiga hari setelah itu ia dimuntahkan
kembali. Yahwe memperbaharukan tuntuanNya, kemudian ~Y pergi ke
Ninewe dan menghasilkan bertobatnya rakyat di situ, sehingga Yahwe
tidak jadi melebur kota itu. Yahwe memberi pelajaran kepada ~Y, yang
merasa kesal atas pertobatan orang Ninewe itu dengan contoh sebuah
pohon jarak, bahwa Tuhan berkasihan terhadap semua orang. Kitab itu
adalah sebuah protes melawan partikularismus Yahudi yang diwakili
oleh ~Y (dengan dalih-dalih soal-soal kecil ~Y menarik diri dari
perutusannya ke orang-orang kafir). Kitab itu merupakan sebuah
kesaksian perihal kehendak keselamatan yang umum dari pihak Allah.
-- Pandangan lama, bahwa nabi ~Y adalah penulis kitab itu, kini
telah ditinggalkan orang /TB Yos 3:3 (Ninewe hancur), tentang
adanya banyak Aramaismus dan ide dasar buku itu membangkitkan
pikiran, bahwa Kitab itu terbentuk setelah waktu pembuangan: antara
tahun 400 sampai 200 sebelum Mas. (Bdk.: /RAPC Sir 49:10). Kecuali
Mazm. Syukur dalam bab 2 dari kitab itu, pada umumnya diakui adanya
sebuah kesatuan pada kitab itu. Tetapi kitab itu tidak melukiskan
sebuah kejadian sejarah, melainkan sebuah perumpamaan. Hal itu
hendaknya ditangkap dari adanya tiruan-tiruan (/TB Yun 1:1-17
berpadu dengan /TB Yeh 26:1-28:26; Yun 3:1-10 dengan
/TB Yer 36:1-32; Yun 4:11 dengan 1Raj 19:1-21*) dan dari
kalangan kejadian, bahwa Ninewe mau bertobat karena pewartaan
seorang asing. /TB Mat 12:38-42 juga hanya mengutip tipologi
sastra cerita tersebut.
|