copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alat-alat
Kamus
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
Kumran
Kata sebelumnyaKata berikutnya
Kamus Kompilasi Kamus Easton Kamus Pedoman Kamus Gering Peta
Kamus Kompilasi
Kata sebelumnyaKata berikutnyaAtas
==K.Haag== Kumran
 Kumran.
      Di dalam musim semi 1947 ada gembala-gembala yang menemukan
 "gulungan" yang pertama. Tempatnya di padang gurun Yehuda, 3 km di
 sebelah utara en Feskha dan dekat dengan puing-puing sebuah bangunan
 besar di sebelah utara pantai Laut Mati. Orang-orang Arab menamakan
 puing-puing itu Khirbet Kumran. Di kemudian waktu naskah-naskah lain
 ditemukan di wadi Murrabba'at sejauh 18 km barat-daya dari Khirbat
 Kumran dan ada tambahan penemuan lagi di Khirbet Mird. Setelah gurun
 itu diselidiki secara sistematis ditemukanlah naskah-naskah (:
 kebanyakan berbentuk fragmen-fragmen) yang berada di dalam 11 gua.
 Publikasi dari keseluruhan bahan itu masih akan makan
 waktu bertahun-tahun. Penyelidikan arkeologis (1952-1956) telah
 memastikan, bahwa di Khirbet Kumran ditemukan pusat satu-satunya
 "perserikatan Kumran" (: oleh kebanyakan para penyelidik,
 perserikatan itu disamakan dengan gerakan --> Esseni). Sebuah
 ekspedisi Isr. menemukan naskah-naskah Alkitab maupun profan di
 dalam (wadi) Nahal Heber dan di --> Masada. Di situ antara lain
 ditemukan surat-surat dari Bar Kokhba pada saat perang kemerdekaan
 Yahudi yang kedua (132-135; --> Papiri). Peta PB C6: Gamb. 16.

 (I). PENEMUAN TULISAN TANGAN.
 (A). TULISAN ALKITAB.
 (1) Tulisan tangan yang paling penting adalah gulungan Yesaya yang
     hampir lengkap. Gulungan itu ditemukan pada tahun 1947 dan
     diumumkan pada tahun 1950. Di samping itu masih ada sebuah
     naskah Alkitab dengan komentar atas Hab 1-2. Gua tempat
     menyimpan fragmen-fragmen semua Kitab PL-Ibr. dengan
     pengecualian Ester. Dalam gua 11 ditemukan sejumlah sisa besar
     sebuah gulungan Mazm., yang saat ini merupakan tulisan Alkitab
     yang nomor dua besarnya. Gua-gua lainnya memuat fragmen-fragmen
     Alkitab yang lebih kecil. Hukum (terutama Ul.), Yes. dan Mazm.,
     termasuk penemuan yang paling besar. Di dalam "perserikatan K"
     kitab-kitab itu barangkali merupakan bagian kitab-kitab yang
     paling disayangi.

 (2) Titik tanggal yang pasti merupakan masalah yang sangat penting
     bagi ilmu pengetahuan Alkitab. Kini rasanya seperti sudah
     pasti, bahwa kebanyakan buku-buku Alkitab berasal dari dua abad
     terakhir seb. Mas., atau dari abad pertama ses. Mas.
     Penyelidikan tentang keadaan penemuan itu memberi petunjuk bahwa
     buku-buku itu ditaruhkan dalam gua-gua tadi pada tahun atau
     bahkan sebelum tahun 68 ses. Mas. Barangkali beberapa di
     antaranya berasal dari abad 1 atau 2 seb. Mas. Beberapa
     fragmen lainnya mungkin tergolong lebih tua (abad 3 atau 4
     sebelum Mas.).

 (3) Nilai. Tulisan-tulisan tangan dari ~K memberikan sebuah Naskah
     Alkitab yang ditulis seribu tahun lebih tua daripada
     kodeks-kodeks Ibr. yang kita miliki sebelum penemuan itu.
     Meskipun demikian naskahnya itu di dalam keseluruhannya tidak
     lebih baik daripada naskah Masorit. Dengan demikian terbuktilah
     bahwa naskah Masorit pada hakekatnya termasuk jauh lebih tua
     daripada yang diperkirakan. Ejaan baik (ortografi) yang
     ditemukan,- penting bagi pelajaran sejarah bahasa Ibr. -, nampak
     berbeda dalam naskah-naskahnya. Selanjutnya nampak dari
     beberapa fragmen yang ditemukan, bahwa LXX termasuk pada
     teks-teks yang katanya diterjemahkan secara bebas atau atas
     keinginan pribadi perorangan tertentu, barangkali juga
     dikembalikan pada asal Ibr-nya. Dari penemuan-penemuan itu
     tersingkap bahwa naskah PL yang berbahasa Ibr. itu belum
     ditetapkan secara pasti pada tahun 68 ses. Mas. Pada tahun
     132-135 orang baru mempunyai sebuah naskah kesatuan, yang dalam
     garis besarnya nampak seperti naskah Masorit. Tetapi naskah ini
     bukan satu-satunya naskah yang beredar.

 (B). TULISAN-TULISAN BUKAN ALKITAB.
      Tulisan-tulisan itu boleh jadi berasal dari zaman yang sama
 dengan zaman naskah-naskah Alkitab. Tetapi orang harus membedakan
 tuanya tulisan-tulisan bukan Alkitab itu dengan tuanya teks aseli
 dari tulisan itu. Sebab tulisan yang ditemukan sudah merupakan edisi
 kesekian kalinya daripada teks aselinya.

 (1) Komentar-komentar.
     Jemaat ~K tentunya memiliki sebuah perpustakaan komentar yang
     cukup luas mengenai KS. Eksegese di situ caranya aneh dan
     menyimpang dari tipe midrasy seperti yang dikenal orang sampai
     sekarang. Mereka suka menghubungkan kata-kata Kitab dengan
     dirinya dan dengan zamannya. Anggapan mereka, bahwa zaman
     merekalah yang terakhir. Adapun komentar yang paling luas isinya
     adalah komentar Habakuk atas Hab 1-2. Isinya menarik sekali
     oleh permainan yang dipakai untuk menyinggung keadaan zaman
     penyusun. Mengenai komentar-komentar lainnya hanya dikenal
     fragmen-fragmen melulu (komentar Hos., Mi., Mazm., Yes.).

 (2) Peraturan-peraturan.
     Yang paling penting adalah peraturan sekte atau pengaturan
     jemaat. Oleh penerbitnya yang pertama (1951) disebut Manual of
     Discipline. Naskah itu (11 kolom) hanya sedikit yang rusak.
     Peraturan itu mengajar para anggota jemaat, bagaimana mereka
     akan hidup, sesuai dengan penafsiran pimpinan, memenuhi hukum (:
     taurat). Peraturan jemaat ini boleh jadi diperuntukkan para
     pengikutnya yang nampaknya hanya pria melulu. Masih ditambah
     lagi dengan sebuah dokumen yang juga membicarakan soal para
     istri dan anak-anak. Barangkali peraturan-peraturan itu
     diperuntukkan bagi zaman keselamatan yang akan datang, sebab di
     situ antara lain dibicarakan tentang kemungkinan, bahwa Mesias
     itu akan hadir di dalam perjamuan. Tulisan tangan Damsyik
     menurut isi dan coraknya termasuk ke dalam sastra K. Hal itu
     dapat dibuktikan lagi dari kenyataan, bahwa fragmen-fragmen dari
     berbagai eksemplarnya ditemukan dalam gua-gua K. Sudah hampir
     dapat dipastikan, bahwa tulisan itu berasal dari periode yang
     lain daripada aturan jemaat itu. Ada tulisan soal peraturan
     berperang. Tulisan itu berusaha melukiskan sebuah perang yang
     dilakukan oleh para putera cahaya, artinya: oleh para anggota
     perserikatan, yang berperang pada akhir zaman melawan seluruh
     bagian dunia yang lainnya. Para imam memegang peran besar di
     situ.

 (3) Mazmur.
     Di luar Mazm. Alkitab, jemaat ~K masih mendoakan Mazm-nya sendiri.
     Sebetulnya mereka doakan nyanyian pujian, yang di dalam tinjauan
     sastranya merupakan sebuah mosaik kata-kata Mazm Alkitab, tetapi
     menunjukkan sebuah kesatuan konsepsi theologi tersendiri. Oleh
     karenanya perlu dipandang sebagai karya satu orang pribadi.
     Sebagai ungkapan cara berpikir religius di K, maka Mazm-Mazm itu
     mempunyai nilai yang besar bagi kita. (4) Sisa naskah lainnya.
     Di antara naskah-naskah ini, kesaksian-kesaksian sebuah sastra
     apokrif-apokaliptik sangat meluas isinya dan mengambil tempat
     yang besar di dalamnya. Padanya termasuk tulisan-tulisan yang
     sudah terkenal (Yub., Hen., Test XII) seperti yang tidak
     diketahui sebelumnya, misalnya: sebuah gambaran tentang
     Yerusalem baru, sebuah doa dari Nabonid dan tiga buah fragmen
     lain dari siklus Daniel. Menyolok pula banyaknya naskah
     liturgi, yang dalam cara tertentu bisa dijadikan pendahulu surat
     Ibr. dan Why.: Liturgi dan kenisah di surga nampak sebagai
     contoh dari liturgi dan kenisah di dunia.

 (C). ARTI DAN NILAI PENEMUAN.
      Penemuan ~K telah memberikan cahaya terang baru pada Yudaisme
 Palestina dalam zaman pergantian PL menuju PB. Kini kita telah
 tahu, bahwa Yudaisme zaman Yesus mempunyai lebih banyak segi-segi
 pandangan lainnya daripada anggapan orang sebelumnya. Naskah-naskah
 ~K memberikan kelonggaran atas pandangan-pandangan baru tentang
 dunia tempat agama kristen timbul. Pada banyak tempat di PB yang
 dulunya diperkirakan mempunyai pengaruh helenis, kini lebih mudah
 dinyatakan sebagai pengaruh dari kalangan Yahudi sendiri.

 (II). THEOLOGI.
      Meskipun pendiri perserikatan ~K (ia disebut "guru keadilan")
 maupun sebab-musabab konkrit mengenai pendirian jemaat itu tidak
 dikenal (rupanya pertanyaan atas "penanggalan yang tepat" menjadi
 penentu yang penting), namun di dalam Kitab-kitab yang ditemukan
 harus diakui adanya sebuah konsepsi theologi yang mengesankan:
 Jemaat ~K yang yakin, bahwa Allah membuka kembali dan memberikan
 kepada jemaat itu persekutuan denganNya dan dengan para malaekatNya.
 Mereka secara khusus dijiwai semangat untuk menjadi mirip dengan
 Tuhan dalam segala-galanya. Mereka bukan hanya merasa berkewajiban
 memenuhi nasihat yang diberikan oleh Tuhan dengan tepat, melainkan
 harus juga memisahkan diri dari semua orang dosa dan dari apa saja
 yang mengandung dosa. Sebab Tuhan sendiri memberi rokh kegelapan,
 sehingga semua para anggota ~K wajib membenci semua hal yang
 mengandung dosa dan menolaknya. Bahkan setiap anggota yang melanggar
 sebuah perintah dari hukum, artinya: memberikan tempat pada rokh
 kejahatan, harus dipisahkan dari perserikatan untuk sementara waktu
 atau untuk selama-lamanya. Memiliki rokh itu sekaligus menentukan
 tempat setiap orang sesuai peraturan perserikatan. Di dalam
 peraturan itu harus dicerminkan "peraturan surgawi": Tak seorangpun
 boleh ada di atas tempat nasibnya (yang ditentukan Tuhan).
 Petunjuk-petunjuk yang disingkapkan oleh Rokh Allah tidak cukup
 hanya dijadikan norma belaka. Dengan bantuan sebuah tanggalan yang
 hanya mengikuti perhitungan matahari, yang dianggap sebagai
 "tanggalan surgawi", orang harus memberi susunan peraturan pada
 hidupnya sendiri. Ia harus membantu perserikatan, menjawab kurnia
 Tuhan sesuai waktunya. Justru karena ~K merupakan perserikatan yang
 sadar, bahwa terpanggil oleh Tuhan sebagai hadiah melulu yang penuh
 rakhmat, maka para saudara sewarga berusaha untuk tidak
 menyombongkan diri dalam menghayati perserikatan itu, melainkan
 memasuki jalan yang dibuka Tuhan baginya di dalam hukumNya.

| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran