copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alkitab
Daftar Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
1Sa 23:1-23:13 (FAYH) - Firman Allah Yang Hidup
halaman 1 dari 1Lihat Lagi...
Halaman sebelumnyaHalaman berikutnya
1 Samuel 23:1-29
23:1PADA suatu hari, sampailah kabar kepada Daud bahwa orang-orang Filistin menyerang Kehila dan merampok tempat-tempat pengirikan gandum.
23:2Daud bertanya kepada TUHAN, "Bolehkah hamba pergi menyerang orang-orang Filistin itu?" TUHAN menjawab, "Ya, pergilah dan selamatkan Kehila."
23:3Tetapi pengikut-pengikut Daud berkeberatan. Mereka berkata, "Di sini, di Yehuda saja, kami sudah ketakutan; kami tidak siap pergi ke Kota Kehila untuk berperang dengan seluruh pasukan Filistin!"
23:4Daud bertanya lagi kepada TUHAN, dan TUHAN menjawab, "Pergilah ke Kota Kehila, sebab Aku akan membantu engkau mengalahkan orang-orang Filistin itu."
23:5Maka berangkatlah Daud dengan orang-orangnya ke Kota Kehila dan membantai orang-orang Filistin itu, lalu mengambil ternak mereka. Demikianlah Daud berhasil menyelamatkan penduduk Kehila.
23:6Abyatar putra Ahimelekh, imam itu, menggabungkan diri dengan Daud di Kehila, dengan membawa efod (untuk memintakan petunjuk TUHAN bagi Daud).
23:7Saul diberitahu bahwa Daud berada di Kehila. "Bagus!" katanya. "Sekarang ia tidak mungkin lolos lagi! Allah telah menyerahkan dia ke dalam tanganku; ia telah terjebak karena ia masuk sendiri ke dalam kota yang bertembok sekelilingnya!"
23:8Lalu Saul mengerahkan seluruh pasukannya dan berangkat ke Kota Kehila untuk mengepung Daud serta para pengikutnya.
23:9Tetapi Daud mendengar tentang rencana jahat Saul itu. Ia minta agar Imam Abyatar menggunakan efod untuk bertanya kepada TUHAN, apa yang harus dilakukannya.
23:10Daud berdoa, "Ya TUHAN, Allah Israel, hamba telah mendengar rencana Saul untuk datang ke Kehila dan menghancurkan kota ini karena hamba.
23:11Apakah penduduk Kota Kehila akan menyerahkan hamba kepadanya? Sungguhkah Saul akan datang, seperti yang telah hamba dengar? Ya TUHAN, Allah Israel, jawablah hambamu ini." TUHAN menjawab, "Ia akan datang."
23:12Daud bertanya lagi, "Apakah penduduk Kehila ini akan menyerahkan hamba serta para pengikut hamba kepada Saul?" TUHAN menjawab lagi, "Ya, mereka akan menyerahkan engkau."
23:13Maka Daud dan para pengikutnya -- yang berjumlah kurang lebih enam ratus orang -- meninggalkan Kehila dan mengembara di sekitar daerah itu. Saul segera diberitahu bahwa Daud telah melarikan diri, maka ia membatalkan maksudnya untuk pergi ke Kota Kehila.
23:14Daud tinggal di dalam gua-gua di padang gurun, di daerah Pegunungan Zif. Pada suatu hari, di dekat Koresa, ia mendengar kabar bahwa Saul sedang menuju ke padang gurun Zif untuk mencari dia dan membunuhnya. Berhari-hari Saul mencari Daud, tetapi TUHAN tidak membiarkan dia menangkapnya.
23:15(23-14)
23:16Yonatan putra Saul pergi menjumpai Daud di Koresa. Ia membesarkan hati Daud, dan menguatkan imannya kepada Allah.
23:17"Janganlah takut," katanya kepada Daud. "Ayahku tidak mungkin menangkapmu! Sebab engkau akan menjadi raja Israel dan aku akan menjadi tangan kananmu. Ayahku juga telah menyadari hal ini."
23:18Lalu keduanya memperbarui ikatan persahabatan mereka di hadapan TUHAN. Daud tetap tinggal di Koresa, sedangkan Yonatan pulang ke istana.
23:19Tetapi beberapa orang Zif mengkhianati Daud dan pergi kepada Saul di Gibea. Mereka berkata kepadanya, "Kami tahu di mana Daud bersembunyi. Ia ada di gua-gua Koresa di Bukit Hakhila, di sebelah selatan padang gurun.
23:20Silakan Baginda ikut dengan kami, maka kami akan menangkap dia dan menyerahkan dia kepada Baginda, supaya niat Baginda terlaksana!"
23:21"Semoga kalian diberkati TUHAN karena kalian memperhatikan aku!" kata Saul.
23:22"Pergilah dan selidiki lagi di mana ia berada dan siapa yang telah melihatnya di situ, karena aku tahu bahwa ia sangat licin.
23:23Carilah tempat-tempat persembunyiannya yang pasti, kemudian kembalilah dan laporkan kepadaku, maka aku akan ikut dengan kalian. Bila ia masih berada di daerah itu, aku akan mencari dia sampai aku berhasil menangkapnya, sekalipun aku harus meneliti segenap orang Yehuda di daerah itu!"
23:24Maka pulanglah orang-orang Zif itu mendahului Saul. Ketika Daud mendengar bahwa Saul sedang menuju ke Zif, ia dan para pengikutnya menyingkir ke padang gurun Maon di sebelah selatan. Saul mengejar ke situ.
23:25(23-24)
23:26Saul berada di sisi gunung yang letaknya bertentangan dengan sisi gunung tempat Daud berada. Sementara Saul dan orang-orangnya mengepung makin rapat, Daud berusaha menyingkir, tetapi sia-sia.
23:27Pada saat yang gawat itu, datanglah berita untuk Saul bahwa orang-orang Filistin menyerbu Israel.
23:28Saul menghentikan pengepungan itu, dan pergi menghadapi orang-orang Filistin. Sejak itu, tempat itu disebut Gunung Batu Keluputan!
23:29(24-1) DAUD menyingkir dari situ dan tinggal di gua-gua di En-Gedi.
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran