copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alkitab
Daftar Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
1Sa 19:1-19:24 (FAYH) - Firman Allah Yang Hidup
halaman 1 dari 1Lihat Lagi...
Halaman sebelumnyaHalaman berikutnya
1 Samuel 19:1-24
19:1RAJA Saul mendesak para pembantunya dan Yonatan, putranya, agar membunuh Daud. Tetapi Yonatan, yang telah menjadi sahabat karib Daud,
19:2memberitahukan rencana ayahnya itu kepadanya. "Ayahku bermaksud membunuh engkau. Karena itu besok, pagi-pagi, engkau harus pergi menyembunyikan diri di padang.
19:3Aku akan mengajak ayahku pergi ke padang tempat persembunyianmu itu untuk berbicara tentang engkau. Lalu aku akan memberitahukan kepadamu hasil pembicaraan itu."
19:4Keesokan harinya, sementara Yonatan dengan ayahnya bercakap-cakap di padang, Yonatan membela Daud dengan berkata, "Janganlah Ayah bersalah terhadap Daud. Bukankah Daud tidak pernah bersalah terhadap Ayah? Ia bahkan selalu menolong Ayah dengan sekuat tenaga.
19:5Lupakah Ayah, bagaimana ia telah mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk membunuh Goliat, sehingga TUHAN mengaruniakan kemenangan besar kepada Israel? Saat itu Ayah benar-benar berbahagia. Mengapa sekarang Ayah ingin membunuh orang yang tidak berdosa itu? Kita sama sekali tidak mempunyai alasan untuk membunuh dia!"
19:6Raja Saul menerima apa yang dikatakan Yonatan itu, dan ia bersumpah, "Demi TUHAN yang hidup, ia tidak akan dibunuh."
19:7Lalu Yonatan memanggil Daud dan menceritakan kepadanya apa yang telah dikatakan ayahnya. Ia membawa Daud kepada Raja Saul dan hubungan mereka menjadi baik kembali seperti semula.
19:8Tidak berapa lama setelah peristiwa itu, terjadi peperangan lagi. Daud memimpin pasukannya untuk melawan orang-orang Filistin. Ia berhasil membantai banyak musuh dan memukul mundur seluruh pasukan mereka.
19:9Tetapi, pada suatu hari, ketika Raja Saul sedang duduk mendengarkan Daud main kecapi, tiba-tiba roh jahat yang dibiarkan TUHAN mengganggu Saul itu datang lagi. Raja Saul meraih tombaknya dan melemparkannya kepada Daud, dengan maksud membunuh dia. Daud berhasil mengelak, dan tombak itu menancap pada dinding di belakangnya. Daud melarikan diri dalam kegelapan malam.
19:10(19-9)
19:11Anak buah Raja Saul mengepung rumah Daud untuk membunuh dia apabila ia ke luar keesokan harinya. Mikhal, istri Daud, berkata, "Kalau malam ini engkau tidak lari, pastilah besok pagi engkau dibunuh."
19:12Lalu ia menurunkan Daud lewat jendela rumahnya.
19:13Kemudian Mikhal mengambil sebuah patung dan membaringkannya di tempat tidur Daud. Patung itu ditutupi selimut, sedangkan bagian kepalanya diletakkan di atas bantal bulu kambing.
19:14Ketika anak buah Raja Saul masuk ke dalam rumah untuk menangkap Daud, istrinya mengatakan kepada mereka bahwa Daud sakit dan tidak dapat bangkit dari tempat tidurnya.
19:15Raja Saul memerintahkan untuk mengangkat Daud bersama tempat tidurnya, agar ia dapat membunuhnya.
19:16Tetapi, ketika mereka datang untuk mengangkat Daud, mereka hanya mendapati sebuah patung di tempat tidurnya!
19:17Dengan marah Raja Saul bertanya kepada Mikhal, putrinya, "Mengapa engkau menipu aku dan membiarkan musuhku melarikan diri?" Mikhal menjawab, "Aku terpaksa. Ia mengancam akan membunuh aku, jika aku tidak menolong dia."
19:18Daud lolos dan ia lari ke Rama kepada Samuel. Ia menceritakan segala sesuatu yang dilakukan oleh Saul terhadapnya. Samuel membawa Daud ke Nayot dan tinggal di situ.
19:19Ketika Raja Saul mendengar laporan bahwa Daud berada di Nayot, di Rama,
19:20ia mengirim pasukannya untuk menangkap Daud. Tetapi, ketika mereka sampai di sana, mereka menjumpai Samuel dan sejumlah nabi lain sedang kepenuhan Roh dan bernubuat. Lalu Roh Allah menghinggapi pasukan Saul dan mereka juga kepenuhan Roh dan bernubuat.
19:21Saul mendengar apa yang telah terjadi. Lalu ia mengirim pasukan yang lain lagi, tetapi rombongan itu pun ikut kepenuhan Roh dan bernubuat! Sampai tiga kali Saul mengirim orang-orangnya, tetapi hal yang sama terjadi atas mereka.
19:22Akhirnya Saul sendiri pergi ke Rama. Ia tiba di sumur besar di Sekhu, dan bertanya kepada orang-orang di situ. "Di manakah Samuel dan Daud?" Seseorang menjawab, "Di Nayot, di Rama."
19:23Tetapi dalam perjalanan ke Nayot, Roh Allah menghinggapi Saul, hingga ia pun mulai bernubuat!
19:24Ia menanggalkan pakaiannya dan ia tergeletak dengan telanjang sepanjang siang dan malam itu, sambil bernubuat bersama nabi-nabi murid Samuel. Orang-orang suruhan Saul merasa heran! Mereka berkata, "Apa? Saul juga termasuk golongan nabi?"
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran