copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alkitab
Daftar Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
1Sa 15:1-15:35 (FAYH) - Firman Allah Yang Hidup
halaman 1 dari 1Lihat Lagi...
Halaman sebelumnyaHalaman berikutnya
1 Samuel 15:1-35
15:1PADA suatu hari Nabi Samuel berkata kepada Raja Saul, "Aku telah mengurapi engkau sebagai raja Israel atas perintah TUHAN. Karena itu, engkau harus taat kepada-Nya.
15:2Inilah yang diperintahkan oleh TUHAN semesta alam kepadamu: Aku telah memutuskan untuk membalas perbuatan bangsa Amalek, karena dulu mereka tidak mengizinkan umat-Ku Israel melintasi wilayah mereka ketika umat-Ku meninggalkan Mesir.
15:3Sekarang pergilah dan tumpaslah seluruh bangsa Amalek itu -- laki-laki maupun perempuan, bayi maupun anak kecil, sapi, domba, unta, maupun keledai."
15:4Maka Saul mengumpulkan bala tentaranya di Telaim. Seluruhnya ada dua ratus ribu orang pasukan berjalan kaki dan sepuluh ribu orang Yehuda.
15:5Perkemahan orang Amalek ada di sebuah lembah yang terletak di bawah mereka.
15:6Saul mengirim pesan kepada orang Keni demikian, "Menyingkirlah dari antara orang Amalek supaya kamu tidak turut binasa bersama mereka, karena kamu baik hati terhadap umat Israel ketika mereka keluar dari Tanah Mesir," katanya. Maka orang Keni segera berkemas-kemas dan berangkat meninggalkan orang Amalek.
15:7Saul menumpas orang Amalek dari Hawila sampai ke Syur, di sebelah timur Mesir.
15:8Agag, raja orang Amalek itu ditawannya, sedangkan seluruh rakyatnya ditumpas habis.
15:9Tetapi Saul dan orang-orangnya mengambil domba-domba dan sapi-sapi yang terbaik, juga anak-anak domba yang gemuk-gemuk -- ya, segala sesuatu yang mereka inginkan. Yang mereka tumpas hanyalah yang tidak berharga dan yang buruk.
15:10Lalu TUHAN berfirman kepada Samuel,
15:11"Aku menyesal telah menjadikan Saul raja, karena ia telah meninggalkan Aku dan tidak mau menaati perintah-Ku." Samuel sangat sedih ketika ia mendengar apa yang dikatakan oleh TUHAN kepadanya, sehingga ia berseru-seru kepada TUHAN semalam-malaman.
15:12Keesokan harinya, pagi-pagi sekali, ia pergi mencari Saul. Ia diberitahu bahwa Saul telah pergi ke Gunung Karmel untuk mendirikan sebuah tugu peringatan bagi dirinya, dan dari situ Saul akan pergi ke Gilgal.
15:13Akhirnya Samuel bertemu dengan Saul dan Saul menyambutnya dengan gembira. "Kiranya TUHAN memberkati engkau. Aku telah melaksanakan perintah TUHAN!" katanya.
15:14Tetapi Samuel berkata, "Kalau begitu, apakah artinya bunyi domba dan lembu yang kudengar itu?"
15:15Saul menjawab, "Prajurit-prajurit telah mengambilnya dari orang Amalek. Mereka telah menyisihkan domba-domba dan sapi-sapi yang terbaik untuk dipersembahkan sebagai kurban kepada TUHAN Allahmu. Tetapi yang selebihnya telah kami tumpas."
15:16Kemudian Samuel berkata kepada Saul, "Sudahlah! Dengarkanlah apa yang difirmankan TUHAN kepadaku tadi malam!" "Apakah yang dikatakan-Nya?" tanya Saul.
15:17Samuel berkata, "Ketika engkau merasa diri kecil dan tidak berarti, Allah menjadikan engkau raja Israel.
15:18Ia menyuruh engkau pergi dengan pesan, 'Pergi dan tumpaslah orang Amalek yang berdosa itu. Jangan ada seorang pun yang dibiarkan hidup.'
15:19Mengapa engkau tidak taat kepada TUHAN? Mengapa engkau mengambil jarahan dan melanggar perintah-Nya?"
15:20Saul menjawab, "Tetapi aku sudah menaati perintah Allah. Aku sudah melakukan apa yang dipesankan-Nya kepadaku; hanya Raja Agag yang aku tawan, tetapi yang selebihnya telah kutumpas.
15:21Para prajurit telah mengambil domba-domba dan sapi-sapi yang terbaik untuk dipersembahkan sebagai kurban kepada TUHAN Allahmu di Gilgal."
15:22Samuel menjawab, "Apakah TUHAN senang akan kurban bakaran dan kurban sembelihanmu sama seperti akan ketaatanmu? Ketaatan jauh lebih baik daripada domba sembelihan. Ia lebih senang jika engkau mendengarkan Dia daripada jika engkau mempersembahkan lemak domba-domba jantan kepada-Nya.
15:23Karena pendurhakaan sama jahatnya seperti dosa bertenung, dan kedegilan sama jahatnya seperti penyembahan berhala. Dan sekarang, karena engkau telah menolak firman TUHAN, maka Ia telah menolak engkau sebagai raja."
15:24Akhirnya Saul mengaku, "Aku telah berdosa. Ya, aku telah melanggar perintah TUHAN dan petunjukmu, karena aku takut kepada rakyatku dan telah melakukan apa yang mereka minta.
15:25Ampunilah dosaku dan marilah kita pergi untuk menyembah TUHAN."
15:26Tetapi Samuel menjawab, "Tidak ada gunanya! Karena engkau telah menolak firman TUHAN, Ia telah menolak engkau sebagai raja Israel."
15:27Ketika Samuel berbalik hendak pergi, Saul memegang ujung jubah Samuel untuk menahan dia, dan jubah itu robek.
15:28Samuel berkata kepadanya, "Lihat! TUHAN telah merobek Kerajaan Israel dari engkau pada hari ini dan telah memberikannya kepada orang senegerimu yang lebih baik daripada engkau.
15:29Yang Mahamulia dari Israel tidak berdusta, dan tidak pula menyesal lalu mengubah keputusan-Nya, karena Ia bukan manusia!"
15:30Saul memohon lagi, "Aku telah berdosa, tetapi aku mohon dengan sangat kiranya engkau sudi menghargai aku di hadapan para pemimpin dan rakyatku. Berjalanlah bersama-sama dengan aku untuk menyembah TUHAN, Allahmu."
15:31Akhirnya Samuel setuju, lalu pergi bersama-sama dengan Saul. Saul sujud menyembah Allah.
15:32Kemudian Samuel berkata, "Bawalah Agag, raja orang Amalek itu kepadaku." Raja Agag datang dengan wajah yang berseri-seri, karena pikirnya, "Kepahitan maut pasti telah lewat dan nyawaku akan selamat."
15:33Tetapi Samuel berkata, "Sebagaimana pedangmu telah membunuh anak-anak dari banyak ibu, maka sekarang ibumu akan kehilangan anaknya." Lalu Samuel memenggal-menggal Raja Agag di hadapan TUHAN di Gilgal.
15:34Setelah itu Samuel pulang ke Rama, dan Saul pulang ke rumahnya di Gibea.
15:35Sampai matinya, Samuel tidak pernah bertemu lagi dengan Saul, tetapi hatinya terus-menerus bersedih karena Saul. Dan TUHAN menyesal telah menjadikan Saul raja atas Israel.
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran