copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alkitab
Daftar Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
2Ta 30:1-31:1 (FAYH) - Firman Allah Yang Hidup
halaman 1 dari 2Lihat Lagi...
Halaman sebelumnyaHalaman berikutnya
2 Tawarikh 30:1-27
30:1SETELAH itu Raja Hizkia mengirim surat ke seluruh Israel, Yehuda, Efraim, dan Manasye, mengundang mereka datang ke Bait Allah di Yerusalem untuk merayakan Paskah yang diadakan setahun sekali.
30:2Raja Hizkia, para pemimpin, dan orang banyak di Yerusalem telah memutuskan untuk mengadakan perayaan Paskah itu pada bulan kedua (Mei), bukan pada bulan pertama (April) seperti biasanya, karena ketika itu belum cukup banyak imam yang menguduskan diri, dan tidak cukup waktu untuk menyebarkan pengumuman itu.
30:3(30-2)
30:4Keputusan itu sudah disetujui oleh Raja Hizkia dan orang banyak.
30:5Lalu mereka mengumumkan rencana perayaan Paskah itu ke seluruh Israel, dari Bersyeba sampai ke Dan serta mengundang semua orang datang ke Yerusalem untuk turut merayakannya. Selama bertahun-tahun mereka tidak pernah merayakan Paskah secara umum sesuai dengan ketetapan TUHAN.
30:6Surat raja itu berbunyi demikian, "Hai orang Israel, kembalilah kepada TUHAN, Allah Abraham, Ishak, dan Israel, maka Ia akan kembali kepada kita yang lolos dari cengkeraman kekuasaan raja-raja Asyur.
30:7Janganlah berbuat seperti nenek moyangmu dan saudara-saudaramu yang tidak setia terhadap TUHAN Allah nenek moyang mereka sehingga mereka mengalami kehancuran.
30:8Janganlah keras kepala seperti mereka. Tetapi serahkan dirimu kepada TUHAN dan datanglah ke Bait Allah yang telah dikuduskan-Nya untuk selama-lamanya. Beribadahlah kepada TUHAN, Allahmu, supaya murka-Nya yang dahsyat terhadapmu dapat diredakan.
30:9Karena, jika kamu kembali kepada TUHAN, saudara-saudaramu dan anak-anakmu akan diperlakukan dengan baik oleh para penjajahnya, bahkan dapat pulang ke negeri ini. TUHAN, Allahmu, penuh dengan belas kasihan dan kemurahan; Ia tidak akan terus-menerus membuang muka terhadap kamu jika kamu mau kembali kepada-Nya."
30:10Maka pergilah para utusan itu dari kota ke kota di seluruh Efraim dan Manasye sampai ke Zebulon. Tetapi banyak di antara mereka disambut dengan cemoohan dan ejekan!
30:11Namun demikian, beberapa orang dari suku Asyer, suku Manasye, dan suku Zebulon kembali kepada Allah dan datang ke Yerusalem.
30:12Di seluruh Yehuda orang-orang merasakan adanya suatu kerinduan yang kuat, yang ditimbulkan oleh Allah di dalam hati mereka, untuk menaati firman TUHAN yang disampaikan melalui raja dan para pemimpin bangsa itu.
30:13Demikianlah orang banyak itu datang dan berkumpul di Yerusalem pada bulan kedua (Mei) untuk merayakan Paskah, Hari Raya Roti Tidak Beragi.
30:14Mereka mulai bertindak dengan menyingkirkan segala mezbah penyembahan berhala di Yerusalem serta mezbah pembakaran kemenyannya, dan membuangnya ke Lembah Kidron.
30:15Pada hari keempat belas bulan kedua (permulaan bulan Mei) orang-orang menyembelih domba Paskah itu. Para imam dan orang-orang Lewi menjadi malu karena mereka sendiri tidak turut mengambil bagian dengan lebih giat. Maka mereka menguduskan diri dan mempersembahkan kurban bakaran di dalam Bait Allah.
30:16Mereka berdiri pada tempat-tempat mereka biasa bertugas, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Taurat Musa, hamba Allah itu, dan para imam memercikkan darah yang diterimanya dari orang-orang Lewi.
30:17Banyak di antara orang yang hadir di situ berasal dari Efraim, Manasye, Isakhar, dan Zebulon. Mereka dianggap tidak kudus karena belum menjalani segala upacara pentahiran bagi pengudusan diri. Maka orang-orang Lewilah yang menyembelihkan domba-domba Paskah bagi mereka. Mereka diizinkan untuk makan daging domba Paskah, walaupun hal itu tidak sesuai dengan peraturan yang dari Allah. Tetapi Raja Hizkia mendoakan mereka, katanya, "Kiranya TUHAN yang mahabaik mengampuni semua orang yang sungguh-sungguh ingin mengikut TUHAN, Allah nenek moyangnya, walaupun mereka belum sepenuhnya dikuduskan bagi upacara ini."
30:18(30-17)
30:19(30-17)
30:20TUHAN mendengar doa Raja Hizkia dan tidak membinasakan orang-orang itu.
30:21Demikianlah umat Israel merayakan Paskah dengan penuh sukacita di Yerusalem selama tujuh hari. Setiap hari orang-orang Lewi dan para imam memuji-muji TUHAN dengan diiringi bunyi alat-alat musik.
30:22Raja Hizkia memuji pelayanan yang sangat baik yang dilakukan orang-orang Lewi bagi TUHAN. Demikianlah perayaan itu berlangsung dengan baik selama tujuh hari; banyak kurban pendamaian dipersembahkan dan banyak orang mengakui dosa-dosa mereka kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka.
30:23Mereka sangat bersukacita sehingga bersepakat untuk melanjutkan perayaan itu selama tujuh hari lagi.
30:24Raja Hizkia menyumbangkan bagi orang banyak itu seribu ekor sapi jantan dan tujuh ribu ekor domba serta kambing untuk kurban. Para pemimpin bangsa juga menyumbangkan seribu ekor sapi jantan dan sepuluh ribu ekor domba serta kambing. Pada waktu itu serombongan besar para imam telah menguduskan diri.
30:25Seluruh Yehuda dengan para imamnya serta orang-orang Lewi, dan orang-orang asing yang tinggal di tengah-tengah mereka maupun yang datang berkunjung dari Israel, dipenuhi sukacita yang besar.
30:26Penduduk Yerusalem belum pernah menyaksikan sebuah perayaan yang demikian meriahnya sejak masa pemerintahan Raja Salomo putra Daud.
30:27Setelah itu berdirilah para imam dan orang-orang Lewi untuk memberkati orang banyak itu. TUHAN di dalam Bait-Nya yang kudus di surga mendengar doa mereka.
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran