Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/opendoors/175

OpenDoors edisi 175 (1-1-2022)

Open Doors -- Januari 2022

 
Open Doors

Januari 2022

Sabtu, 1 Januari 2022
Selamat Tahun Baru 2022! Mari kita sambut tahun yang baru ini dengan ucapan syukur dan pujian tertinggi bagi Tuhan kita, Yesus Kristus, yang akan menuntun dan memelihara kehidupan kita selama tahun 2022 ini.
Minggu, 2 Januari 2022
Memahami konsep pernikahan alkitabiah merupakan tantangan bagi orang percaya baru karena sangat berbeda dengan kepercayaannya sebelumnya. Doakan untuk hikmat bagi orang percaya baru di Semenanjung Arab untuk menghadapi tantangan ini. Berdoalah untuk pengaturan pernikahan yang Tuhan siapkan bagi orang-orang percaya rahasia ini.
Senin, 3 Januari 2022
Di Qatar, bersaksi kepada seorang "M" tentang Tuhan Yesus merupakan sesuatu yang ilegal. Konversi ke agama lain dari Islam tidak diakui secara resmi dan membawa masalah hukum. Berdoalah agar Tuhan menerobos tembok intoleransi ini dan mengizinkan kebebasan beragama di Qatar.
Selasa, 4 Januari 2022
Pemerintah Kuba secara sistematis mencoba mencekik gereja melalui denda, pendaftaran paksa, pemantauan, dan deklarasi gereja sebagai "entitas ilegal". Mintalah kepada Tuhan untuk membangkitkan orang percaya yang kuat untuk menyebarkan Injil-Nya ke seluruh pulau.
Rabu, 5 Januari 2022
Iran memenjarakan Hamed Ashoori, seorang percaya baru, karena dia meninggalkan Islam dan menolak bekerja sama dengan polisi untuk memata-matai orang percaya dengan tujuan untuk menyerahkan mereka. Berdoalah untuk perlindungan Tuhan bagi Hamed dan agar imannya bertumbuh lebih kuat di penjara.
Kamis, 6 Januari 2022
Ketika undang-undang antikonversi India ditegakkan, orang-orang percaya dapat dituduh memaksa orang lain untuk pindah agama. Mari berdoa untuk perlindungan tangan Tuhan atas setiap orang percaya pemberani di India yang berusaha untuk membawa sesamanya kepada Kristus.
Jumat, 7 Januari 2022
Kota Erbil di Irak telah menjadi sasaran pengeboman yang mengganggu keamanan kota dan orang percaya yang tinggal di sana. Mari berdoa agar pengeboman ini berakhir dan agar orang percaya dapat hidup damai di rumah mereka.
Sabtu, 8 Januari 2022
Banyak orang percaya rahasia di Bangladesh tidak dapat beribadah di rumah atau di desa mereka. Sebagian besar dari mereka adalah orang percaya dari latar belakang "M" dan banyak dari mereka adalah satu-satunya orang Kristen di keluarga mereka. Berdoalah agar Tuhan membuka jalan bagi orang-orang percaya rahasia ini untuk memiliki kesempatan beribadah dengan aman.
Minggu, 9 Januari 2022
Di negara komunis Laos, segala kegiatan keagamaan, terutama kegiatan Kristiani, dilarang atau diatur oleh pemerintah. Berdoalah untuk keselamatan orang percaya yang beribadah secara rahasia. Semoga Tuhan melindungi dan menjaga mereka.
Senin, 10 Januari 2022
Melalui pelatihan Berdiri Teguh di Tengah Badai, Pendeta Lwin di Laos belajar menghadapi penganiayaan dengan sikap mengampuni. Berdoalah untuk efektivitas dan dorongan dari mitra di seluruh dunia yang membawakan pelatihan yang mengubah hidup banyak orang ini.
Selasa, 11 Januari 2022
Berdoalah agar orang percaya yang dianiaya di seluruh dunia memiliki reaksi seperti Kristus ketika mereka diserang karena iman mereka. Mintalah kepada Tuhan agar menggunakan sikap itu untuk membuka hati para penganiaya mereka.
Rabu, 12 Januari 2022
Eldos di Afrika dipukuli habis-habisan oleh "M" radikal di rumahnya sendiri. Eldos memilih untuk tidak menuntut kompensasi dari para penyerangnya, dan kesaksiannya telah memengaruhi banyak orang dalam komunitasnya. Teruslah berdoa bagi pemulihan fisik dan pertumbuhan rohaninya.
Kamis, 13 Januari 2022
Amsal 15:1 mengatakan bahwa jawaban yang lembut meredakan amarah. Berdoalah untuk roh kelemahlembutan supernatural bagi orang percaya yang menghadapi penganiayaan keras hari ini serta untuk perlindungan bagi mereka saat mereka menunjukkan kelemahlembutan itu.
Jumat, 14 Januari 2022
Pendeta Hasim ditembak mati di Filipina karena imannya. Putrinya, Emelyn, mampu menyerahkan perasaan dendamnya dan membiarkan Tuhan yang memberinya keadilan. Puji Tuhan karena dia bisa mengikuti kehendak Tuhan dan mengampuni.
Sabtu, 15 Januari 2022
Berdoalah bagi Doyo, seorang percaya baru di Jawa Tengah. Awalnya, dia merasa sendirian saat baru menjadi orang percaya. Namun, sekarang dia merasa semakin dikuatkan dengan mengikuti persekutuan orang percaya baru lainnya. Kiranya Tuhan semakin menguatkan imannya.
Minggu, 16 Januari 2022
Berdoalah untuk keadilan dan belas kasihan Tuhan bagi keluarga rentan teraniaya yang menderita kemiskinan dan buta huruf, terutama di desa-desa Mesir Hulu (di sebelah selatan negara itu). Semoga Tuhan membuka pintu di daerah kumuh ini sehingga mitra kami dapat terus bekerja untuk memperkuat orang percaya.
Senin, 17 Januari 2022
Kemartiran dapat menghancurkan sebuah keluarga atau mendekatkan mereka kepada Tuhan. Berdoalah bagi keluarga para martir di seluruh dunia saat ini, saat mereka mencari hati Tuhan untuk mengampuni.
Selasa, 18 Januari 2022
Yesus memerintahkan agar kita mengasihi musuh kita (Lukas 6:27). Berdoalah untuk musuh-musuh orang Kristen yang sampai hari ini menganiaya orang percaya dan berusaha mematahkan semangat mereka. Berdoalah agar para penindas ini datang kepada Kristus.
Rabu, 19 Januari 2022
Tumbuhnya depresi di antara petugas kesehatan Kristen di India telah menyebabkan beberapa orang bunuh diri karena apa yang mereka saksikan. Berdoalah agar Tuhan menguatkan hati setiap petugas kesehatan Kristen hari ini dan memberi mereka kedamaian yang melampaui pemahaman manusia.
Kamis, 20 Januari 2022
Berdoalah untuk kesehatan dan kekuatan bagi para mitra kami yang mencoba memberikan bantuan kepada orang-orang Kristen yang teraniaya di daerah pedesaan di banyak negara, meskipun di tengah pandemi.
Jumat, 21 Januari 2022
Gereja di Myanmar telah kehilangan puluhan pemimpin karena virus COVID-19. Berdoalah agar Tuhan membangkitkan kepemimpinan baru yang kuat dalam firman Tuhan dan dapat melayani orang-orang percaya.
Sabtu, 22 Januari 2022
Di Sri Lanka, terjadi peningkatan penganiayaan terhadap orang Kristen. Laporan tentang penentangan terhadap gereja dan orang percaya menjadi lebih sering. Berdoalah agar gereja di Sri Lanka dikuatkan agar dapat berdiri teguh di tengah penentangan ini.
Minggu, 23 Januari 2022
Di banyak desa di India, para ekstremis Hindu terlibat dalam pengumpulan dana untuk kuil-kuil Hindu. Orang Kristen yang tidak berkontribusi menghadapi tentangan yang keras. Mari berdoa untuk kekuatan bagi mereka agar tetap teguh dalam iman mereka dan meminta Tuhan untuk mencegah para ekstremis Hindu menekan mereka.
Senin, 24 Januari 2022
Berdoa bagi para pemimpin Kristen dan mitra gereja yang bekerja untuk membantu orang lain. Berdoalah untuk keluarga mereka yang kehilangan orang yang dicintai, dan mintalah kepada Tuhan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Selasa, 25 Januari 2022
Jumlah orang Kristen di Irak telah menurun dari 1,5 juta menjadi hanya 250.000 dalam beberapa tahun terakhir. Doakan mitra lokal kami di sana yang bekerja untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah ini. Doakan juga agar pemerintah mengakui dan melindungi minoritas Kristen.
Rabu, 26 Januari 2022
Mintalah kepada Tuhan untuk memakai umat-Nya di seluruh dunia sebagai penerang dalam kegelapan dalam waktu yang menakutkan, dengan hikmat Tuhan dan belas kasih untuk menjangkau orang lain, dan tidak menyerah pada rasa takut (2 Timotius 1:7).
Kamis, 27 Januari 2022
Berdoalah untuk orang percaya di daerah-daerah yang masih menerapkan larangan pertemuan kelompok. Mereka tidak bisa berkumpul untuk ibadah gereja dan persekutuan. Mintalah agar Tuhan melonggarkan pembatasan ini dan mengumpulkan mereka kembali dengan aman.
Jumat, 28 Januari 2022
Pemerintah di Vietnam menolak memberikan dana bantuan kepada enam keluarga Kristen untuk membangun tangki penyimpanan air yang vital. Mereka harus berjalan 6 jam ke sungai kecil untuk mendapatkan air. Berdoalah agar Tuhan campur tangan sehingga pejabat pemerintah memberikan dana.
Sabtu, 29 Januari 2022
Para orang percaya baru di Malaysia merasa sulit untuk menghadiri kebaktian gereja. Banyak dari mereka adalah satu-satunya orang percaya dalam keluarga mereka. Ini menyulitkan mereka untuk beribadah dan berdoa dengan bebas. Berdoalah agar orang-orang percaya ini memiliki kesempatan untuk beribadah dengan aman dan memiliki komunitas Kristen yang menjadi berkat.
Minggu, 30 Januari 2022
Puji Tuhan untuk gereja di Irak dan cara gereja itu berdiri terlepas dari semua yang telah mereka alami. Berdoalah agar Tuhan terus menyertai Gereja di Irak selagi mereka menyinarkan terang Kristus di tengah kesulitan mereka.
Senin, 31 Januari 2022
Pemerintah Aljazair mengharuskan gereja mendapatkan izin sebelum mendirikan tempat ibadah non-Muslim, tetapi kemudian menolak untuk memberikan lisensi semacam itu. Mari berdoa untuk adanya perubahan kebijakan dalam pemerintahan Aljazair untuk memungkinkan 16 gereja dibuka kembali.

Catatan:
Semua nama dalam pokok doa ini adalah nama samaran.

NARWASTU

Hari Natal memang sudah berlalu dan merupakan suatu kesukaan tersendiri dalam hati saat kita merayakannya. Namun, hari Natal yang baru saja berlalu itu menyimpan kenangan bersejarah tersendiri dalam hati pak Doyo*, seorang percaya baru.

Sejak hampir setahun yang lalu, Pak Doyo telah berkali-kali mendapat berita tentang kabar keselamatan, namun ia menolak. "Saya menentang orang yang mencoba menginjili saya. Saya tidak mau menjadi orang Kristen," katanya. "Namun, Tuhan perlahan melembutkan hati saya sehingga akhirnya saya membuka hati saya untuk menerima Tuhan Yesus." Pak Doyo menerima sang Juru Selamat dalam hatinya, dan dibaptis sebelum hari Natal tiba. "Setelah menjadi Kristen, saya merasa kesepian. Para tetangga menjauhi saya, begitu pula teman-teman saya. Akan tetapi, hari ini saya tahu bahwa saya tidak sendirian. Dahulu, saya berpikir bahwa saya satu-satunya orang percaya dan orang Kristen tidak bersatu, tetapi sekarang pemikiran itu telah berubah dan saya terkesan dengan acara Natal ini."

Pak Doyo menghadiri Natal bersama para SALAM (Saudara latar belakang Muslim) lainnya di salah satu kota di Jawa Tengah. Sekitar 120 orang buah penginjilan dan pemuridan datang menghadiri acara perayaan Natal yang sederhana ini. Kisah kelahiran Kristus dalam kitab Matius disampaikan karena masih banyak dari mereka yang belum pernah mendengar kisahnya.

Beberapa dari mereka tampak lega dan senang mengetahui bahwa ternyata mereka memiliki saudara seiman yang memiliki kisah yang serupa dengan kisah pertobatan mereka. Dari 120 orang yang hadir, ada sekitar 20 orang percaya baru yang turut menghadiri dan ini menjadi Natal pertama yang mereka alami dalam hidup mereka.

Tidak hanya orang dewasa yang menghadiri acara ini. Ada 15 anak yang turut serta menemani orang tua mereka. Dan, mereka sangat senang karena ada kegiatan khusus untuk anak-anak sehingga mereka tidak terpikir untuk mengganggu orang tua mereka yang sedang mengikuti ibadah karena mereka sangat menikmati aktivitas yang telah disediakan oleh mitra lokal kami.

Sungguh suatu berkat luar biasa. Dalam acara ini, SALT pun berkesempatan untuk mendistribusikan paket Natal bagi para SALAM ini. Semua ini boleh terlaksana oleh karena persembahan kasih dari pada donatur yang telah setia menopang pelayanan ini, khususnya bagi para SALAM yang sebagian besar harus mengalami tentangan dan penganiayaan karena iman baru mereka.

Mari bersama-sama berdoa bagi para SALAM:

  1. Berdoa untuk pemeliharaan dan penyertaan Tuhan atas hidup mereka. Banyak dari mereka yang tidak lagi diterima oleh keluarganya dan diusir atau dikucilkan. Namun, sekarang mereka anak Tuhan, dan Bapa di Surga yang memelihara kehidupan mereka.
  2. Berdoa agar iman mereka semakin dikuatkan. Banyak dari mereka yang kekurangan secara ekonomi, dan ketika tetangga atau teman mereka yang berbeda keyakinan menerima bantuan dan mereka tidak menerimanya karena iman mereka yang baru, banyak dari mereka menjadi goyah imannya dan akhirnya kembali kepada keyakinan mereka yang lama.
  3. Berdoa agar Tuhan mengutus semakin banyak pengajar Alkitab yang dapat memuridkan mereka dan menguatkan iman mereka dengan kebenaran firman Tuhan, terutama pada saat-saat sukar yang mereka alami.

MENGUATKAN DAN MEMPERLENGKAPI GEREJA-GEREJA DI INDONESIA

Saat ini kebutuhan Tubuh Kristus di Indonesia begitu besar dan terkadang luput dari perhatian kita. SALT Indonesia berupaya sebaik mungkin untuk memperlengkapi dan menyalurkan berkat dari gereja-gereja Tuhan di seluruh Indonesia agar kita saling membantu dan menopang.

Adapun kebutuhan saat ini adalah:

1. Alkitab Kontekstual yang adalah Alkitab dalam bahasa lokal (bukan Bahasa Indonesia) atau bahasa yang lebih dimengerti oleh konteks komunitasnya.

Alkitab Kontekstual Jumlah Harga/eksemplar Total Kebutuhan
10.000 eksemplar Rp120.000 Rp1,2 Miliar

2. Orang percaya baru dan orang percaya di seluruh Indonesia yang dipenjarakan oleh karena imannya membutuhkan bantuan selama mereka berada di tahanan.

Bantuan biaya hidup tahanan Jangka waktu Bantuan per bulan Total Kebutuhan
4 Tahun (48 bulan) Rp2.000.000 Rp96.000.000

3. Banyak keluarga dari gereja teraniaya yang terdampak pandemi COVID-19. Mereka adalah orang percaya baru dan orang percaya yang tinggal di tempat sulit (mayoritas muslim) yang mengalami diskriminasi pembagian bantuan pemerintah pusat.

Bantuan Relief Masa Pandemi Jumlah Kepala Keluarga Bantuan/KK Total Kebutuhan
1.500 KK Rp700.000/bulan Rp1,5 Miliar

Tidak ada bantuan yang terlalu kecil atau terlalu besar. Jika Anda ingin mendukung pelayanan kami dalam melayani Tubuh Kristus yang teraniaya dan perlu dibantu, silakan gunakan kode QRis yang tersedia atau ke nomor rekening kami:
BRI 019-301-000-968-308 a.n. Yayasan Satu Lentera Indonesia

Anda pun dapat mengirimkan cek Anda ke kantor kami di:
SALT INDONESIA
Jl. Iskandar Muda no. 30C - Kby. Lama, Jakarta Selatan
Email: saltindonesia​@​specss.live
WA: 0895-8074-53928

Terima kasih atas kontribusi Anda.
Tuhan Yesus Memberkati.

 
 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Website | Kontak | Arsip | Berlangganan | Berhenti
 

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org