Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/05/13

Kamis, 13 Mei 2021 (Hari Kenaikan Tuhan Yesus)

Lukas 24:44-53
Sukacita dalam Perpisahan

Setiap kali kita mendengar kata berpisah, tentu yang terlintas dalam benak kita ialah suatu peristiwa yang menyedihkan. Namun, tidak demikian dengan perpisahan Yesus dengan para murid.

Berpisahnya para murid dengan Yesus, yaitu ketika Ia terangkat ke surga, peristiwa tersebut justru menghadirkan sukacita di antara mereka. Hal apa yang membuat para murid dapat bersukacita di tengah kenyataan akan berpisah dengan Yesus, Guru dan Tuhan mereka?

Pertama, mereka mengerti Kitab Suci (44-47). Para murid bersukacita karena mereka melihat maksud Allah di balik semua peristiwa yang mereka alami bersama Yesus (46-47). Pengertian akan kebenaran membuat seseorang memahami bahwa segala sesuatu terjadi menurut rencana Allah.

Kedua, mereka akan menerima Roh Kudus (49). Tuhan tidak meninggalkan mereka seorang diri, tetapi akan mengirimkan kuasa yang memperlengkapi mereka dalam memberitakan pengampunan dosa dan menyerukan pertobatan kepada segala bangsa.

Ketiga, mereka menerima berkat dari Tuhan (50). Berkat dari Allah merupakan peneguhan otoritas bagi mereka sebagai pemberita Injil.

Keempat, mereka adalah saksi mata (51). Betapa bahagianya mereka dapat menyaksikan secara langsung peristiwa terangkatnya Yesus ke surga, sehingga bukan dari kata orang mereka mendengar hal tersebut.

Bersukacitalah selalu dalam Tuhan dan lakukanlah kepercayaan yang Tuhan berikan. Apa yang sekilas menyakitkan bagi kita, belum tentu akan seterusnya seperti itu. Tuhan tetap memegang janji-Nya; selalu ada pengharapan dan penghiburan bagi mereka yang berkenan kepada-Nya. Sikap kita dalam setiap kesesakan adalah percaya kepada janji-janji-Nya. Dalam peristiwa apa pun, bahkan perpisahan sekalipun, Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita sendiri.

Di tengah segala rintangan yang menghadang, kita tetap menjalankan tugas yang Tuhan berikan dengan sukacita dan terus memuliakan Allah. [MRH]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org