Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/05/03

Senin, 3 Mei 2021 (Minggu ke-5 sesudah Paskah)

Mazmur 128
Takut Akan Tuhan dan Kejujuran

Persoalan kejujuran merupakan hal yang esensial dalam kehidupan sebagai umat Allah. Kepada rakyat Indonesia dipertontonkan aksi tercela dari para pejabat negara yang tertangkap melakukan korupsi. Gereja Tuhan perlu berkontribusi aktif dalam mempersiapkan keluarga-keluarga kristiani yang dapat memberi dampak positif bagi bangsa Indonesia.

Penulis Mazmur ini, yang kemungkinan adalah Raja Hizkia, melihat bahwa Allah harus menjadi Kepala di dalam setiap keluarga agar hal ini dapat tercermin dalam kehidupan berbangsa. Umat Allah harus dididik dalam takut akan Tuhan dan menghidupi firman yang telah disampaikan-Nya kepada mereka (1). Mazmur ini sejalan dengan Mzm. 112 yang mengingatkan umat Allah untuk hidup dalam takut akan Dia dan berjalan dalam ketaatan kepada firman-Nya.

Allah memberikan sukacita dalam pekerjaan yang umat-Nya tekuni (2), sehingga pekerjaan itu akan mendatangkan berkat dan bukan kutuk. Hidup dalam kejujuran akan mendatangkan kebahagiaan dan damai sejahtera bagi mereka dan keluarganya (2-6). Inilah upah yang diberikan Tuhan kepada mereka yang takut akan Dia.

Umat Allah perlu hidup di dalam takut akan Tuhan agar kita berbahagia. Takut akan Tuhan adalah bentuk kekaguman dan penghormatan akan Dia dalam seluruh aspek kehidupan kita. Firman Tuhan harus menjadi bagian yang dibaca dan dihidupi setiap hari. Ketaatan terhadap firman Allah akan membentuk nilai-nilai yang diwujudkan melalui kehidupan kita sehari-hari.

Bagi kita, bekerja adalah sebuah panggilan penuh sukacita dari Allah. Pekerjaan yang sedang kita jalani merupakan sebuah kepercayaan. Pekerjaan yang ditekuni dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan berkat bagi umat-Nya. Kejujuran merupakan nilai yang harus terpancar dari segala hal yang kita kerjakan.

Biarlah kiranya setiap keluarga, yang menjadikan Allah sebagai Kepala, dapat memberikan dampak damai sejahtera bagi bangsa ini, dalam bentuk hidup takut akan Tuhan dan menjunjung tinggi nilai kejujuran. [PMS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org