Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/01/15

Jumat, 15 Januari 2021 (Minggu ke-1 sesudah Epifani)

Matius 9:18-38
Pekerja Kerajaan Surga

Kata Kerajaan Surga muncul 33 kali di dalam Injil Matius. Kerajaan Surga datang ketika kekuasaan Allah dinyatakan dengan menghancurkan kekuasaan si jahat. Kisah-kisah yang kita baca hari ini adalah bukti dari Matius tentang kedatangan Kerajaan Surga.

Kedatangan Kerajaan Surga ini ditandai dengan datangnya Mesias. Matius ingin menyatakan, Yesus adalah Mesias. Matius mengisahkan sembilan mukjizat yang dilakukan oleh Yesus sebagai tanda kedatangan Kerajaan Allah. Kisah disembuhkannya perempuan yang sakit pendarahan, dua orang buta, dan seorang bisu adalah tiga mukjizat setelah enam mukjizat sebelumnya.

Kekuasaan kerajaan si jahat ditandai dengan kematian, kecacatan, dan penyakit. Kematian, pendarahan, buta, dan bisu (18, 20, 27, 32) adalah derita yang menyedihkan. Matius menunjukkan bahwa Yesus Sang Mesias memiliki kuasa untuk melenyapkan semua penderitaan tersebut.

Walaupun orang-orang Farisi nyinyir dengan kabar baik itu, tetapi kabar baik tersebut tetap diberitakan, apa pun yang terjadi. Tuhan mengundang banyak pekerja untuk melayani jiwa-jiwa yang menderita dan untuk memberitakan Injil Kerajaan Surga. Inilah pesan utama Injil Kerajaan Surga yang diberitakan oleh Tuhan Yesus.

Para pekerja Kerajaan Surga mengikuti teladan kepemimpinan Tuhan Yesus. Mereka memiliki hati yang penuh belas kasih. Para pekerja milik-Nya harus siap menghadapi segala tantangan hidup. Tantangan itu bisa datang dari siapa pun, bahkan berasal dari orang-orang yang menyatakan dirinya beragama.

Menjadi pekerja Kerajaan Surga tidaklah mudah dan menuntut pengorbanan, yaitu melayani orang-orang yang menderita. Apalagi di tengah dunia yang berkompetisi untuk membuat diri makin nyaman. Para pekerja Kerajaan Surga diundang untuk makin menunjukkan ciri khas pelayanannya. Di sinilah kita diubah menjadi pribadi yang penuh belas kasih dan rela melayani orang yang menderita. Biarlah kita makin dikuatkan dalam menyatakan Injil Kerajaan Surga. [JHN]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org