Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2021/01/04

Senin, 4 Januari 2021 (Minggu ke-2 sesudah Tahun Baru)

Matius 5:1-10
Kebahagiaan Versi Tuhan Yesus

Kebahagiaan pada umumnya diidentikkan dengan kondisi yang baik. Kekayaan, kesuksesan, dan kuasa biasanya menjadi prasyarat untuk mendapatkan kebahagiaan. Lalu, bagaimana memperoleh kebahagiaan menurut Tuhan Yesus?

Mengawali khotbah-Nya di bukit, Tuhan Yesus berbicara tentang bagaimana memperoleh kebahagiaan dalam hidup. Syarat untuk memperoleh kebahagiaan yang disampaikan oleh Tuhan Yesus sangat kontradiktif dengan konsep dunia. Misalnya, orang yang miskin, berdukacita, lemah lembut, lapar, dan hauslah yang disebut berbahagia.

Setiap ucapan berbahagia dari Tuhan Yesus adalah mengenai berkat. Kata diberkati memiliki makna sesuatu yang hanya kita dapatkan di dalam Allah. Kata ini juga bermakna sebagai sebuah pengalaman ketika kita mengikuti Tuhan Yesus dan cara hidup serta ajaran-Nya.

Kata diberkati memiliki arti bahwa kita bergantung pada Allah yang bertakhta di dalam Kerajaan Surga. Kita hidup menurut nilai-nilai Kerajaan Surga. Nilai-nilai Kerajaan Surga tersebut tidak didasarkan pada kekayaan dan kekuasaan.

Nilai-nilai Kerajaan Surga didasarkan pada: 1) kesadaran terhadap keberadaan diri kita di hadapan Allah sebagai orang berdosa, 2) kehausan akan firman dan kebenaran Allah, 3) sikap lemah lembut, 4) murah hati, 5) menjaga kesucian, 6) dan pembawa damai. Untuk melakukan semua hal di atas dibutuhkan pemberian dan pengorbanan diri.

Kebahagiaan berdasarkan nilai-nilai Kerajaan Surga tidak diukur dari seberapa banyak harta dan kuasa yang kita kumpulkan di dalam dunia ini. Kebahagiaan diukur berdasarkan seberapa banyak kita memberi dan mengorbankan diri untuk mengikut Yesus Kristus.

Sebagai murid Tuhan Yesus Kristus, kita seharusnya belajar memberi yang terbaik ketika mengikuti-Nya. Kita diundang oleh Dia untuk menjadi pribadi yang murah hati dan membantu sesama yang membutuhkan. Kemurahan hati tersebut adalah salah satu wujud kebahagiaan Kerajaan Surga yang kita rasakan di dunia. [ABL]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org