Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/12/09

Senin, 9 Desember 2019 (Minggu Adven ke-2)

Mazmur 92
Pujian dan Berkat

Ketika acara Grammy Award digelar, semua aktor dan aktris terbaik akan maju ke depan untuk menerima piala sebagai penghargaan atas karya mereka. Bukan hanya itu, mereka juga mendapatkan banyak pujian dan karangan bunga karena prestasi yang gemilang. Kilau lampu kamera susul-menyusul mengabadikan prestasi itu. Apakah apresiasi yang serupa pernah diperlakukan bagi Allah?

Dalam Mazmur 92 bangsa Israel mengungkapkan nyanyian syukur atas hari-hari yang penuh kebaikan dan berkat yang dianugerahkan Tuhan kepada mereka. Allah adalah Raja di atas segala raja. Ia bertakhta. Menaikkan syukur dan pujian kepada Allah merupakan perbuatan yang dikehendaki Allah dari mulut umat-Nya.

Ia adalah Allah. Karena itu, Ia layak menerima sujud sembah, pujian, hormat, dan kemuliaan. Pemazmur menyatakan semuanya ini lewat syair-syair yang dilantunkan. Mazmur ini mengajar kita bahwa memuji dan bersaksi atas pekerjaan Allah merupakan tindakan yang penting sebagai ekspresi iman yang sejati kepada Allah (6). Orang yang mengenal Allah adalah orang yang mengenal betapa besarnya pekerjaan Allah.

Pemazmur sendiri tidak menyangkali adanya berbagai kesulitan dan tantangan hidup. Beberapa sebutan seperti "orang bodoh, orang bebal, orang fasik, dan orang yang melakukan kejahatan, musuh" (7-10) menyatakan bahwa pengenalan akan kebesaran Tuhan tidak berarti tanpa masalah. Tetapi, iman kepada Allah sebagai Hakim yang adil meyakinkan pemazmur bahwa Allah akan senantiasa memberkatinya, bahkan hingga hari tuanya (15-16).

Allah menjamin pemeliharaan-Nya bagi setiap anak-Nya. Ia mengasihi mereka. Selayaknya, Ia menerima pujian tertinggi dari ciptaan-Nya.

Hayatilah lebih dalam kebaikan Tuhan, naikkanlah puji syukur penuh resapan dan bertelutlah setiap waktu kepada Allah karena Dia berkenan atas hal tersebut. Kapankah terakhir kalinya kita takjub dan bersimpuh atas pekerjaan-Nya yang besar itu?

Doa: Bersyukur atas kebaikan-Mu dalam hidup. [AS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org