Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/10/27

Minggu, 27 Oktober 2019 (Minggu ke-20 sesudah Pentakosta)

Mazmur 53
Tuhan Memulihkan Bangsaku

Jika kita memperhatikan berita yang terjadi di negeri ini, selalu saja ada banyak masalah. Banyak pemberitaan yang membuat kita resah dan mengelus dada. Setelah membaca berita tersebut, terkadang yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa. Sebuah doa agar Tuhan memulihkan keadaan bangsa ini.

Doa yang kita panjatkan bisa menjadi senada dengan syair doa pemazmur pada nas kali ini. Ia prihatin terhadap kondisi bangsa-Nya. Ia memohon kepada Allah untuk mengamati Israel dari surga (3). Allah melihat begitu banyak kejahatan dilakukan oleh umat manusia. Mereka sudah menyimpang dari jalan yang telah ditetapkan oleh Allah. Bahkan, seolah-olah tidak ada lagi orang yang berbuat baik (4).

Namun bagi pemazmur, kondisi tersebut bukanlah akhir dari segala sesuatu. Allah mulai bertindak memulihkan bangsa Israel. Bagi orang-orang yang melakukan kekejian di mata Allah, mereka akan merasa gentar. Sebab, penghakiman akan segera menimpa mereka (6). Campur tangan Tuhan, pada akhirnya mendatangkan pemulihan besar bagi bangsa Israel (7).

Pada akhirnya, Allah tidak akan membiarkan umat-Nya hancur dan dibinasakan oleh kejahatan. Itulah sebabnya kita mesti berharap akan pemulihan Allah yang begitu dahsyat. Teladan kita adalah pemazmur ini. Ia tetap berdoa dan berharap kepada Allah, meski kondisi bangsanya terlihat sudah tanpa harapan.

Sekarang penting bagi kita untuk memiliki pengharapan yang sama dengan penulis mazmur. Ia optimis dan percaya bahwa Allah akan memulihkan Israel. Hal yang sama juga akan terjadi bagi kita. Allah pasti akan memulihkan keadaan bangsa Indonesia.

Kita pun bisa turut berpartisipasi dalam proses pemulihan itu. Caranya, jangan jemu-jemu mendoakan pemulihan bangsa ini kepada Tuhan. Doa akan menggerakkan kita untuk melakukan tindakan nyata sebagai wujud kepedulian atas bangsa ini.

Doa: Tuhan, pulihkanlah bangsa ini. Ajarilah kami untuk ikut mengambil bagian dalam pembangunan bangsa ini ke arah yang lebih baik. [WN]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org