Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/01/20

Minggu, 20 Januari 2019 (Minggu ke-2 sesudah Epifani)

Yosua 2:1-24
Cara yang Tak Terduga

Apakah Anda hari ini sedang mengalami pergumulan? Terbayangkah bagaimana Allah akan menolong Anda? Kehidupan memang penuh dengan pergumulan. Namun, kita selalu percaya bahwa dalam pergumulan itu Allah akan memberikan pertolongan. Hanya saja, kita tidak tahu bagaimana cara-Nya menolong kita.

Yosua mengutus dua orang untuk mengintai kota Yerikho (1). Alkitab tidak menjelaskan dengan rinci bagaimana pelaksanaan pengintaian itu. Pendek cerita, kedua orang itu bersembunyi dalam rumah seorang perempuan sundal bernama Rahab (1). Sekalipun dilaksanakan secara diam-diam, tampaknya Raja Yerikho mengetahui aksi pengintaian ini (2). Alhasil, Raja memerintahkan untuk menangkap mereka (3). Akan tetapi melalui Rahab, Allah menolong mereka agar tidak tertangkap (4-22). Sehingga mereka dapat pulang kembali ke tengah-tengah orang Israel dengan selamat. Kemudian, dua orang itu menceritakan pengalaman itu (23).

Apa yang akan terjadi kalau Tuhan tidak menolong kedua pengintai itu? Tentu saja, Raja Yerikho akan menangkap dan membunuh mereka. Bisa jadi, itu akan menjadi pukulan berat bagi iman orang Israel.

Kedua pengintai itu pasti tidak menyangka pertolongan Tuhan muncul dengan cara tak terduga. Pertama, Rahab bukanlah seorang Israel. Kedua, sebagai penduduk Yerikho, sewajarnya dia tidak ingin Israel menaklukkan kotanya. Jadi, sangatlah mungkin kalau dia akan menyerahkan kedua pengintai itu kepada pasukan raja. Namun, yang terjadi malah sebaliknya. Inilah cara Tuhan yang tidak terduga.

Allah berulang kali menolong kita dengan cara yang tak pernah terpikirkan. Cara-Nya menolong setiap orang berbeda-beda. Hal ini membuat kita tidak bisa memprediksi bagaimana Dia bekerja untuk menolong. Allah bekerja dengan cara yang ajaib dan tidak terselami. Namun, pertolongan-Nya selalu tepat pada waktunya dan tuntas. Dengan begitu, bagian kita adalah hanya percaya dan menantikan-Nya.

Doa: Tuhan, terima kasih karena karya ajaib-Mu kerap menolong dalam kehidupan kami. [IVT]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org