Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2018/01/01

Senin, 1 Januari 2018 (Tahun Baru)

Mazmur 16
Allah Sumber Berkat

Tak sedikit orang memahami bahwa apa yang didapat dan dimilikinya merupakan hasil usahanya sendiri. Orang pintar karena rajin belajar, orang kaya karena rajin bekerja, dan orang berhasil karena cekatan. Jika logika itu benar, itu berarti orang yang tidak berusaha pasti tidak akan pernah mendapatkan apa yang diinginkannya. Nah, pertanyaannya, di manakah peran Allah-Sang Sumber Hidup-dalam kehidupan manusia? Apakah semuanya memang karena usaha manusia semata? Kelihatannya, mata rohani penganut pemahaman macam begini telah dibutakan oleh logika pemikirannya sendiri.

Daud, dalam nas bacaan kita hari ini menyatakan bahwa dirinya dijaga dan dilindungi Allah (2). Mazmur yang dimulai dengan sebuah doa ini berlanjut sebagai pernyataan iman kepada satu-satunya Allah. Dan karena Daud percaya-juga setia kepada Allah- ia merasa berbahagia karena diberkati Allah. Sebab allah lain tidak dapat melakukan apa-apa. Karena itu, siapa yang mengikuti allah lain pasti kecewa (4). Allah pemilik kehidupan kita tidak akan merancangkan yang jahat dalam hidup kita. Dia juga tidak akan membiarkan anak-anak-Nya mengalami kebinasaan kekal. (10). Allah akan membim-bing anak-anak-Nya dalam menjalani kehidupan. Jalan yang akan ditempuh itu akan mendatangkan sukacita, kebahagiaan, dan nikmat senantiasa (11).

Allah adalah sumber berkat. Manusia kadang menolak menyataan ini. terlebih, ketika dia sungguh-sungguh bekerja keras untuk mendapatkan nafkahnya. Padahal-ini yang sering dilupakan manusia-kesehatan yang memampukan manusia bekerja adalah anugerah Allah. Atau, kalau manusia merasa bahwa kesehatan merupakan buah dari kerajinannya menjaga kesehatan, agaknya dia perlu ingat bahwa udara bersih, yang membuat dia sehat merupakan anugerah Tuhan. Manusia tidak mungkin menciptakan, hanya tinggal menikmatinya saja.

Kalau pun ada manusia yang merasa mampu menciptakan udara bersih, pastilah dia tidak mungkin menciptakan nafas hidup. Dan itulah berkat terbesar sebagai manusia. Selamat Menjalani tahun yang baru! [KFT]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org