Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/12/25

Senin, 25 Desember 2017 (Hari Natal)

Yohanes 1:14-18
Allah Dinyatakan dalam Yesus

Rasul Yohanes memperkenalkan Yesus kepada para pembaca dengan cara yang menarik. Mula-mula dia menyebutkan Firman itu ada bersama-sama Allah (1). Lalu ia mengatakan Firman tersebut berinkarnasi (menjelma) menjadi manusia dan hidup di tengah-tengah manusia. Kemudian ia menyimpulkan bahwa Firman yang berinkarnasi itu adalah Pribadi Ilahi. Status Pribadi Ilahi itu adalah Anak Tunggal Allah memiliki sifat penuh kasih karunia dan kebenaran (14). Pribadi inilah yang diberitakan oleh Yohanes Pembaptis bahwa keberadaan Yesus sudah ada sejak kekekalan. Di sini, kedudukan Yohanes Pembaptis lebih rendah daripada derajat Yesus. Tugas Yohanes Pembaptis hanyalah pembuka dan menyiapkan jalan datangnya Kerajaan Allah melalui figur Yesus. Sedangkan status Yesus adalah Anak dari Sang Pemilik Kerajaan Allah (15).

Menurut Rasul Yohanes, Yesus adalah penyataan (wahyu) yang konkret dari Allah kepada manusia. Ia yang dipenuhi oleh kemuliaan surgawi rela menanggalkan semuanya itu untuk menjadi manusia fana. Ia melakukannya supaya ciptaan-Nya mengetahui bahwa ada Allah yang mengasihi, menyayangi, dan mau menyiapkan jalan keselamatan kepada manusia berdosa. Hanya dengan cara itu saja manusia berdosa dapat memperoleh kasih karunia Allah yang besar melalui Yesus. Sebab di luar Yesus, tidak ada seorang pun yang tahu jalan masuk menuju ke hadirat Bapa surgawi (16-18).

Sebagai orang yang sudah percaya dan menerima Yesus sebagai satu-satunya Tuhan dan Juru Selamatnya wajib hukumnya memberitakan kabar keselamatan Allah. Karena itu, kita harus belajar memperkenalkan Yesus dengan cara yang menarik dan bahasa yang sederhana agar orang lain mudah memahami berita Injil Yesus Kristus.

Apa respons kita terhadap berita keselamatan Allah itu? Apakah kita bertekad untuk berpartisipasi dalam visi dan misi Allah bagi dunia? Jika kita bersedia, nyatakanlah itu dalam setiap tindakan, seperti: membagikan traktat Injil, mengajak orang lain ke KKR, dan lain sebagainya. [PB]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org