Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/12/17

Minggu, 17 Desember 2017 (Minggu Adven ke-3)

Ratapan 4:1-22
Lakukan Kewajiban dengan Benar!

Isi pasal ini memiliki kemiripan dengan pasal 2. Yeremia membandingkan keadaan Yerusalem sebelum pengepungan dan perusakan yang dilakukan oleh bangsa Babel dan keadaan sesudahnya (1-12). Lalu penulis menyatakan bahwa semuanya itu terjadi karena keberdosaan bangsa Yehuda (13-16). Kemudian pasal ini ditutup dengan keyakinan umat bahwa pertolongan dari pihak manusia itu sia-sia (17-20). Umat juga memohon agar Tuhan sendiri yang membalas kejahatan bangsa Babel.

Apa yang dilakukan oleh bangsa Babel sangat kejam. Mereka begitu brutal dan tak berperikemanusiaan. Mereka mengejar, menganiaya, menyiksa, bahkan membunuh tanpa perasaan. Tak satu pun yang luput dari keberingasan bangsa Babel. Para penguasa Yehuda, bangsawan, pemimpin agama dan bayi pun turut menderita. Tidak pernah ada kengerian sehebat itu. Kejadian yang membuat orang tidak hanya menderita, tetapi juga melakukan kekejian demi mempertahankan hidup (10). Karena itu, Yeremia bernubuat, "Lebih bahagia mereka yang gugur karena pedang...." (9).

Kekejian orang-orang Babel membuat mereka tidak menghormati para pemimpin agama. Yeremia mengatakan bahwa semua itu bukan karena semata kekejian mereka, tetapi juga berbagai dosa yang dilakukan oleh para nabi palsu. Mereka sepatutnya bernubuat dan menyampaikan kebenaran dan keadilan Tuhan, namun mereka tidak melakukannya. Sebab mata hati dan mulut mereka telah dijejali kekayaan dan kemewahan hidup. Mereka juga menjerumuskan bangsa Yehuda hidup dalam keberdosaan. Kini, mereka pun merasakan dampak negatif yang merusak. Mereka tidak hanya menderita, tetapi harga diri juga turut terkoyak-koyak.

Harta dan kekayaan bisa membungkam mulut kita untuk berhenti menyuarakan kebenaran dan keadilan. Karena itu, marilah kita memohon kepada Tuhan agar dimampukan untuk melakukan kewajiban dengan baik dan benar. Berdoa agar kita mengedepankan kehendak Tuhan melalui hidup dan pelayanan kita. [MH]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org