Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/11/05

Minggu, 5 November 2017 (Minggu ke-22 sesudah Pentakosta)

Mazmur 118
Ingatlah Perbuatan Tuhan

Mazmur ini berbentuk tata ibadah yang meriah. Ibadah syukur ini dibuka dengan pengakuan bahwa Tuhan itu baik dan kasih setia-Nya sampai selama-lamanya (1-4). Pengakuan ini mengundang umat untuk bersama-sama bersyukur kepada Tuhan (24-29).

Pada bagian berikutnya, pemazmur menjelaskan alasan mengapa dirinya menaikkan doa syukur kepada Allah. Dalam hidupnya, ia mengalami banyak pertolongan Tuhan (5-9); Ia melihat langsung bagaimana tangan Tuhan yang perkasa menopang hidupnya dari gempuran para lawannya (10-16); Meskipun didikan Tuhan itu keras, di balik semuanya itu terdapat kasih setia Tuhan yang menyelamatkan (18). Itu sebabnya pemazmur bertekad untuk menceritakan segala perbuatan Allah Israel yang hidup kepada semua orang (17, 19-23).

Ungkapan, kesaksian, dan pernyataan pemazmur mengenai kebesaran, kemahakuasaan, dan kemurahan Allah dapat dijadikan panduan hidup bagi kita dalam menjalani ibadah, baik secara pribadi maupun bersama-sama. Dalam ibadah pribadi, kita diingatkan betapa pentingnya mengingat segala perbuatan Tuhan yang dahsyat dalam hidup kita. Ingatan akan kebaikan Allah menjadi landasan yang kuat bagi kita untuk bersyukur kepada-Nya.

Hati yang penuh rasa syukur dapat menyegarkan jiwa dan menjadi kekuatan kita di saat susah dan sedih. Penghiburan Allah itu akan membuat pencerahan dalam hidup kita untuk terus mengayunkan langkah menjalani hidup ini dengan kekuatan iman. Itu sebabnya, hati yang penuh syukur bagaikan wewangian yang bisa dicium dan dirasakan oleh banyak orang.

Namun, yang perlu diingat adalah dalam menyampaikan cerita tersebut jangan sampai kita terjatuh pada pemuliaan diri. Tujuan dari kesaksian adalah memuji dan memuliakan Tuhan. Karena itu, marilah Kita berdoa agar kita senantiasa bisa menceritakan segala perbuatan Tuhan yang dahsyat kepada semua orang agar mereka juga merasakan kebaikan Tuhan dalam hidupnya. [MH]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org