Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/08/27

Minggu, 27 Agustus 2017 (Minggu ke-12 sesudah Pentakosta)

Mazmur 108
Saat Foto Berbicara

Memandang sebuah foto yang di dalamnya terekam peristiwa kita sedang tertawa lepas, tentu akan mengingatkan kita pada momen yang membahagiakan saat itu. Ternyata, foto dapat menyimpan sejuta rasa dan cerita. Bukan hanya itu saja, melalui foto pula kita bisa mengucap syukur kepada Tuhan.

Pemazmur mengawali tulisannya dengan kesiapan hati untuk memuji kebesaran kasih setia Tuhan. Bukan dengan mulut saja ia memuji Allah, tetapi juga mengajak jiwanya turut bermazmur. Di sini pemazmur menggunakan kata "bangunlah". Kata itu menunjukkan arti bahwa hati, pikiran, dan jiwa raganya ikut serta memuji dan memuliakan Tuhan. Sebab Allah yang dipuji dan disembah oleh pemazmur adalah Pencipta langit dan bumi, yang berkuasa atas segala makhluk yang ada di dalamnya.

Pada bagian kedua, pemazmur memuji Allah karena Ia telah melindungi orang-orang pilihan-Nya. Ia menjamin keselamatan mereka. Semua wilayah, seperti Sikhem, lembah Sukot, Gilead, Manasye dan Efraim, Yehuda, Moab, dan Edom, menjadi tempat kudus-Nya. Ini berarti semua daerah itu akan diserahkan kepada orang-orang pilihan-Nya.

Pada bagian yang ketiga, pemazmur mengangkat kidung pujian untuk memohon pimpinan Allah. Pemazmur meyakini betapa sia-sianya keselamatan yang berasal dari manusia. Kini Ia hanya mengandalkan pertolongan dari Tuhan. Bersama Allah, pemazmur melakukan berbagai perbuatan yang besar. Melalui pertolongan Tuhan, pemazmur bisa mengalahkan para musuhnya.

Seperti sebuah foto yang mengingatkan kita akan kenangan masa lampau, maka kita perlu mengenang kembali pertolongan Allah dalam hidup kita. Ketika kekaguman itu muncul dari hati yang paling dalam, hendaklah dinyatakan melalui ucapan syukur. Syukur itu memperlihatkan kasih setia Allah selalu hadir dalam pengalaman umat-Nya. Tanpa kasih setia Allah, sulit rasanya bagi kita merasakan penyertaan dan pemeliharaan-Nya. Sekali lagi bersyukurlah kepada Allah! [JS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org