Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/08/22

Selasa, 22 Agustus 2017 (Minggu ke-11 sesudah Pentakosta)

Ibrani 9:11-22
Ikut Kristus Selalu Benar

Bagaimana kita dapat memahami pengurbanan Kristus untuk menebus dosa manusia? Hai ini menjadi pokok pemahaman iman Kristen (12). Kebangkitan Kristus tidak ada artinya apabila kita tidak memahami makna kematian-Nya di Kalvari. Kristus telah menjadi pengantara bagi manusia berdosa untuk mendapatkan pengampunan Allah (15, 18). Kematian Kristus menjadi tanda Perjanjian Baru antara Allah dan umat-Nya.

Kristus telah membuktikan diri-Nya layak menjadi dasar keselamatan Allah bagi umat manusia. Dia hanya satu kali mengurbankan dir-Nya untuk menanggung dosa manusia. Jika kurban bakaran PL dipakai sebagai ritual pengudusan untuk membersihkan kenajisan seseorang (13), terlebih lagi darah Kristus digunakan Allah untuk bukan hanya membersihkan dosa manusia, tetapi juga menyucikan hati nurani manusia agar mereka dapat menyembah Allah yang hidup (14).

Kristus telah mempersatukan semua orang percaya dalam tubuh-Nya. Sebagai pengikut-Nya, kita patut melaksanakan kehendak-Nya. Ketika kita mengikuti kehendak-Nya, hal itu menunjukkan bahwa Dia adalah pusat hidup dan sandaran satu-satunya bagi orang-orang percaya. Karena itu, iman kepada Kristus bukanlah konsep teoritis belaka, melainkan suatu relasi intim antara mempelai pria dan mempelai perempuan.

Iman adalah suatu relasi, kedekatan, dan juga komunikasi personal dengan Allah. Orang beriman adalah mereka yang mampu melihat kenyataan hidup dari sudut pandang kasih setia Allah. Mereka tidak pernah kehilangan alasan untuk bersyukur kepada-Nya. Karena itu, kita perlu memahami arti kehadiran Kristus dalam kehidupan keagamaan kita.

Kita bersyukur telah dipersatukan Kristus sebagai umat-Nya. Marilah kita bertekad menyatakan kehendak Allah dalam tindakan setiap hari; berupaya terus-menerus memahami kebenaran-Nya agar hati dan pikiran kita menjadi bijaksana; dan bersekutu dengan firman-Nya supaya karakter kita semakin menyerupai Kristus. Dengan demikian, hidup kita senantiasa diperbarui. [JS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org