Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/08/16

Rabu, 16 Agustus 2017 (Minggu ke-10 sesudah Pentakosta)

Ibrani 7:11-25
Mendekati Allah dengan Sukacita

Dalam iman Kristen, figur Kristus sangat sentral bagi kehidupan orang percaya. Karena Kristen artinya pengikut Kristus, maka sikap hidup orang beriman harus sesuai dengan pengajaran dan kehendak Kristus. Kalau begitu, bagaimana hubungan Hukum Taurat dan iman kepada Kristus (12)? Sebagai Imam Besar Agung, Kristus telah mendekatkan para pengikut-Nya kepada Allah (19).

Pada dasarnya, agama Yahudi memaparkan bahwa ketaatan kepada Hukum Taurat adalah penting dan tidak dapat dilanggar sedikit pun. Jika seseorang dapat menaatinya tanpa bercela, orang tersebut dapat disebut sahabat Allah. Kenyataannya adalah ketaatan sempurna mustahil dapat diraih oleh manusia yang telah jatuh dalam dosa. Sebab itu, Allah memberikan solusi bagi umat-Nya yang melakukan pelanggaran, yaitu mempersembahkan kurban bakaran.

Sosok Imam Besar juga sangat penting dalam kehidupan orang Yahudi. Ia bukanlah orang sembarangan, tetapi pribadi yang dipilih dan dipersiapkan Allah (13). Merekalah yang akan melakukan serangkaian peraturan keagamaan yang sudah ditetapkan oleh Allah. Tujuannya adalah untuk mendekatkan manusia kepada Penciptanya dan memohon kemurahan serta anugerah-Nya (19).

Ternyata, Allah tidak hanya memberikan kasih-Nya kepada bangsa Yahudi saja, tetapi juga kepada semua bangsa. Dia ingin kasih-Nya dikenal oleh manusia. Sebab itu, Ia bersumpah untuk memberikan kasih-Nya dengan sempurna (21), walaupun tidak ada manusia yang sempurna. Karena itu, Allah menyatakan bahwa Yesus adalah jaminan dari sumpah-Nya (22). Iman kepada Yesus akan mengantar kepada Allah.

Kita bersyukur menjadi pengikut Kristus. Itu semua bukan karena kehebatan kita, tetapi semata-mata anugerah Allah. Kita dilayakkan bukan karena perbuatan. Sebab itu, janganlah kita merusak identitas diri sebagai anak-anak Allah. Marilah kita berusaha dan berdoa supaya semakin lama semakin kita menyerupai karakter Kristus. [JS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org