Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/07/08

Sabtu, 8 Juli 2017 (Minggu ke-4 sesudah Pentakosta)

Nehemia 7:1-73
Pasca Pembangunan

Pada akhirnya tembok Yerusalem selesai dibangun. Tugas selanjutnya adalah mendata dan meneliti status orang-orang Yahudi yang pulang dari pembuangan. Tujuannya untuk mencatat silsilah dari mereka dan beserta keturunannya yang masih bertahan hidup (6-63). Sebab hal itu berkaitan

dengan kelangsungan hidup bersama dalam tembok Yerusalem.

Setelah tembok Yerusalem selesai dibangun, semua pintu gerbangnya ditutup dan dipalangi. Pengawasan dan keamanan Yerusalem diserahkan pada Hanani. Mengapa Nehemia memilih Hanani? Karena ia dikenal sebagai pribadi yang dapat dipercaya dan takut akan Allah.

Jika kita melihat daftar silsilah pada perikop ini akan ditemukan kesamaan dengan Kitab Ezra pasal yang kedua. Hal ini seakan-akan untuk memastikan bahwa semua yang kembali dari pembuangan adalah orang Yahudi. Dalam silsilah itu terdapat seorang yang namanya sama dengan Nehemia.

Ternyata nama yang dimaksud bukanlah Nehemia yang memimpin pembangunan tembok-tembok Yerusalem.

Penelitian lebih dalam tentang silsilah dilakukan, yaitu apakah mereka masuk dalam kategori imam. Ternyata tidak ada sehingga mereka mesti menunggu proses uji kelayakan untuk jabatan imam. Selain itu, ada orang yang diangkat menjadi penunggu pintu gerbang dan para penyanyi. Untuk kehidupan para imam, penunggu pintu gerbang, dan penyanyi, ada sumbangan sukarela yang diberikan umat Allah sesuai dengan milik mereka.

Perjalanan hidup manusia dalam dunia ini tidak berhenti pada satu titik saja. Setiap orang patut menggali segala potensi yang dimilikinya agar hidupnya memiliki arti. Dengan mendayagunakan potensinya, seseorang sedang membuka diri untuk anugerah dan kehendak Allah terwujud dalam hidupnya. Dengan demikian, ia memiliki banyak pengalaman positif yang dapat dibagikan kepada orang banyak. Karena itu, marilah kita terus-menerus berkarya dalam kehidupan kita di masa yang akan datang demi kemuliaan nama Tuhan. [WLD]


Baca Gali Alkitab 1
Nehemia 7:1-73

Tujuan pembangunan tembok Yerusalem mulai tercapai. Meski demikian, masih banyak persoalan yang perlu ditangani dengan saksama. Salah satunya adalah bagaimana mengisi Yerusalem yang luas dengan penduduk.Tanpa penambahan penduduk, keamanan Yerusalem akan terancam dari serangan pihak luar. Jika itu terjadi, maka semua upaya dan jerih lelah membangun tembok Yerusalem menjadi kesia-siaan.

Apa saja yang Anda baca?
1. Apa yang dilakukan Nehemia saat tembok Yerusalem selesai dibangun (1)?
2. Kepada siapakah Nehemia memercayakan pengawasan atas Yerusalem (2)?
3. Apa instruksi Nehemia kepada orang-orang Yahudi yang tinggal di Yerusalem (3)?
4. Apa yang diberikan Allah kepada Nehemia (4-5)?
5. Apa isi daftar orang-orang Yahudi yang kembali dari tanah pembuangan (6-73)?

Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Mengapa kesuksesan dalam pelayanan bersumber pada Allah? Berikan contoh konkretnya?
2. Teladan seperti apa yang dapat dipetik dari relasi Nehemia dengan Allahnya?

Apa respons Anda?
1. Saat kita mendapat tugas sebagai anggota panitia pembangunan gereja, apa yang terlintas dalam pikiran kita? Apa keputusan yang kita ambil dan apa yang menjadi dasar pertimbangan kita?

Pokok Doa:
Memohon agar Tuhan memberikan rasa kesatuan dan kebersamaan dalam hati orang percaya.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org