Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/06/11

Minggu, 11 Juni 2017 (Minggu Trinitas)

Mazmur 105:1-11
Mengingat Allah Kita

Umumnya, manusia senang bernostalgia (mengingat kenangan indah yang pernah dialami di masa lalu). Pada mazmur kali ini, pemazmur mengajak pembacanya untuk mengingat segala perbuatan Allah atas hidup Israel di masa lampau (5-6). Bukan hanya mengingat dan bernostalgia saja, tetapi juga menyerukan umat mensyukuri (1a), menceritakan (1b), memuji (2-3), dan mencari Allah senantiasa (4).

Dalam mazmur yang terdiri dari 45 ayat, pemazmur mengungkapkan berbagai peristiwa dan pengalaman Israel bersama dengan Allah (1-45). Pemazmur punya alasan kuat mengapa mazmur ini perlu ada, antara lain: Pertama, karena pemazmur ingin menegaskan bahwa Dialah Tuhan, Allah Israel (7). Kedua, mengingat perbuatan Allah. Ketiga, komitmen umat Israel tetap mengikuti ketetapan Allah dan berpegang teguh kepada segala pengajaran-Nya (45).

Tuhan seperti apa yang dikenal dan dipuji oleh pemazmur? Allah yang mengikat perjanjian (kovenan) dengan umat-Nya melalui Abraham, Ishak, dan Yakub (8-10). Perjanjian itu diikat (9) menjadi ketetapan yang bersifat abadi (10). Tidak ada seorang pun yang dapat menggagalkan atau pun membatalkannya karena Allah sendiri yang mengikatnya (9). Sekalipun umat Allah berulang kali melakukan dosa dan kegagalan di hadapan Tuhan, namun kovenan Allah dengan umat-Nya tidak akan berubah, sebab Allah sendiri yang menjaminnya. Dan dalam perjanjian itu, terkandung janji Allah bagi umat-Nya tentang Tanah Perjanjian yang akan menjadi milik pusaka bagi umat Allah (11).

Marilah kita naikkan syukur kepada Allah atas perjanjian kekal-Nya bagi kita. Ia telah menyelamatkan dan memelihara hidup kita. Kasih-Nya besar melampaui keberdosaan dan kegagalan kita. Ingatlah Dia senantiasa! Dialah Tuhan Allah kita! [MFS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org