Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/05/01

Senin, 1 Mei 2017 (Minggu Paskah ke-3)

1 Tawarikh 18:1-17
Perjuangan Pribadi dan Berkat Tuhan

Dalam peperangan, Daud mengalami kemenangan besar melawan bangsa-bangsa di sekelilingnya (1-6, 11-12). Banyak hal yang ia peroleh dari kemenangan tersebut, antara lain: merebut kota-kota musuh, menerima upeti, merampas sarana dan prasarana penting bagi kekuatan militernya, serta menjadikan orang Aram dan Edom sebagai budaknya (6, 13).

Daud juga memperoleh ucapan dan tanda terima kasih dari raja Hamat berupa berbagai barang dari emas, perak, dan tembaga, karena Daud telah mengalahkan Hadadezer yang memusuhinya (9-10). Semua barang-barang dari emas, perak, dan tembaga, termasuk yang Daud peroleh dari bangsa-bangsa yang ia taklukkan, ia khususkan bagi TUHAN (7-8, 11). Penulis Tawarikh mencatat bahwa semua kemenangan, termasuk segala harta benda yang Daud peroleh, semata-mata karena TUHANlah yang memberikan berkat itu kepadanya (6, 13).

Sebagai raja atas seluruh Israel, Daud memerintah berdasarkan kebenaran dan keadilan (14; band. Kej 18:19). Tidak heran jika dia menjadi sosok raja ideal dan standar bagi semua raja-raja Israel. Dengan berkembangnya daerah kekuasaannya, Daud membutuhkan pengorganisasian dan pengelolaan. Itu sebabnya, dia mengangkat beberapa orang untuk membantunya, termasuk anak-anak Daud (15-17).

Kemenangan Daud, pada satu sisi, merupakan hasil perjuangan Daud. Di sisi lain, kemenangan itu juga adalah berkat dari Tuhan. Sebab itu, Daud tidak lupa diri dan menikmatinya sendiri. Ia mempersembahkan hasil kemenangannya bagi TUHAN dan menjalankan perannya di atas kebenaran dan keadilan.

Marilah kita berjuang dengan sungguh-sungguh dalam pekerjaan, usaha, atau pelayanan kita, sambil tetap hidup dalam kebenaran. Ketika kita berhasil, sadarilah bahwa semua berkat itu berasal dari Tuhan. Kesadaran itu akan mencegah kita tidak sombong atau melupakan Tuhan. Sebaliknya, kita belajar mempersembahkan yang terbaik kepada Tuhan sebagai rasa syukur kita atas berkat-Nya. [RH]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org