Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/04/25

Selasa, 25 April 2017 (Minggu Paskah ke-2)

1 Tawarikh 15:1-16:6
Menghormati Tuhan

P eristiwa-peristiwa yang terjadi tidak semestinya lewat tanpa makna. Ada kejadian-kejadian tertentu yang bisa menjadi pembelajaran untuk memperbaiki kesalahan dan mengembangkan diri menjadi lebih baik. Yang diperlukan adalah keterbukaan mengoreksi dan belajar memperbaiki diri.

Daud berencana memindahkan tabut Allah ke Yerusalem. Daud mulai mempersiapkan segala sesuatu dengan akurat. Daud mengoreksi diri, memperbaiki kesalahan, dan tunduk pada peraturan dan hukum yang sudah ditetapkan oleh Musa sesuai dengan firman Tuhan. Pertama-tama Daud mengingatkan bahwa orang Lewi yang harus mengangkat tabut dan mereka harus menguduskan diri. Lalu Daud mengatur petugas pengangkat, pemuji, pengiring nyanyian dengan alat-alat musik yang berbeda-beda, dan peniup nafiri.

Daud melibatkan banyak orang dan melakukan sebaik-baiknya. Daud juga banyak memerhatikan detail, terutama saat persembahan kurban. Daud mengadakan sebuah pesta yang begitu semarak dan setiap orang bersukacita kecuali Mikhal, anak Saul. Orang-orang Lewi ditunjuk untuk menjadi pemuji dan imam-imam peniup nafiri. Tentu sebuah kelegaan bagi Daud yang berhasil memindahkan tabut Allah tanpa ada yang celaka.

Ada pelajaran yang perlu diperhatikan oleh umat Tuhan baik pada zaman pembangunan Yerusalem dan Bait Allah, juga bagi umat Tuhan masa kini. Perhatikan bagaimana Daud tidak mau mengulang kesalahan dan sangat berhati-hati menata persiapan dan mengatur orang-orang yang terlibat serta memotivasi orang-orang untuk memuji Tuhan. Daud tidak hanya mengatur dan memerintah tetapi ia sendiri terlibat dengan penuh sukacita mengikuti prosesi pemindahan tabut Allah ini.

Seberapa orang menghormati Tuhan, dapat dilihat dari sikap dan perbuatannya untuk melakukan yang terbaik untuk Tuhan. Bagaimana dengan kita? Apa yang akan kita lakukan sebagai wujud untuk menghormati dan memuliakan Tuhan? [INAKO]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org