Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2017/01/08

Minggu, 8 Januari 2017 (Minggu ke-1 sesudah Epifania)

Mazmur 91
Pengakuan dan Pengalaman Iman

Pengakuan iman pemazmur jauh dari penjelasan yang abstrak ataupun sekadar wacana. Ia berangkat dari pengalaman, duduk dalam lindungan dan naungan Tuhan. Baginya, Allah adalah tempat perlindungan dan kubu pertahanan yang dipercayainya (1-2).

Pemazmur memakai gaya bahasa yang khas, sangat dekat dengan alam, menjelaskan karya Allah dalam hidupnya. Kesaksian pemazmur menanggapi perlindungan Tuhan seumpama anak burung yang berlindung dalam kepak sayap induknya (3-5). Tuhan melepaskannya dari jerat dan penyakit, serta menudungi dalam lindungan sayap-Nya. Kesetiaan Tuhan ibarat perisai dan pagar tembok.

Dari pengalaman pribadi, pemazmur menegaskan pengakuan iman kepada sesamanya bahwa "TUHAN ialah tempat perlindunganmu" (9-10). Malaikat Tuhan diperintahkan menjaga dan menjauhkan umat-Nya dari bahaya (11-13). Tuhan melindungi orang yang bersandar kepada-Nya karena hidup mereka senantiasa terarah kepada Tuhan. Hal ini terlihat dari pernyataan Tuhan, "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku..." (14-16).

Pengakuan dan pengalaman iman terkait satu sama lain. Pengakuan iman menjadi hidup karena dialami secara langsung. Refleksi atas pengalaman hidup yang dijalani semakin memantapkan pengakuan iman seseorang terhadap Tuhan. Hal itu terlihat dari bagaimana Tuhan meluputkan, membentengi, menjawab, menyertai, mengenyangkan, dan memperlihatkan keselamatan-Nya atas hidup pemazmur. Daftar panjang karya Tuhan yang dialami pemazmur menjadi pengakuan dan pengalaman iman yang nyata. Kesaksian hidup ini bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk meneguhkan orang lain.

Kebersamaan hidup berjalan dengan Tuhan memampukan kita bertumbuh dalam pengalaman dan pengakuan iman. Kesulitan dan tantangan hidup yang dialami oleh kita akan menjadi jalan peneguhan yang menguatkan iman kepada Allah. Lebih dari dogma yang mati, iman kepada Tuhan itu diakui dan dialami. [YTP]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org