Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2016/11/23

Rabu, 23 November 2016 (Minggu ke-28 sesudah Pentakosta)

Roma 16:1-16
Rekan-Rekan Sejawat Paulus

Jika ada orang yang berpendapat bahwa Ibrani 11 merupakan pameran lukisan dari orang-orang suci PL, maka bacaan hari ini dapat disebut sebagai pameran lukisan orang-orang percaya PB. Menarik pula disimak bahwa Paulus mengakui bahwa dia bukanlah seorang yang mampu mengerjakan seorang diri. Melalui daftar nama ini, Paulus dengan sengaja memberikan penghargaan kepada mereka, dan karena itulah dia ingin warga jemaat di Roma juga menghargainya.

Jika kita tidak membaca bagian ini, mudah sekali bagi mereka untuk menilai bahwa Paulus kurang menghargai perempuan (bdk. 1Kor.11: 3, 8-9, 14:34-35; 1Tim.2:11-12). Dalam surat-surat itu, Paulus kelihatannya lebih mengutamakan laki-laki dan menganggap perempuan hanya boleh diam dalam ibadah. Tetapi, di akhir suratnya kita menjadi terkejut dibuatnya! Nama Febe, pastilah seorang perempuan, dijelaskan dengan sangat detail (2). Paulus juga menyebut nama Priskila-malah didahulukan dari Akwila-serta beberapa nama perempuan lainnya seperti Maria, Yunias, Trifena, dan Trifosa, juga Persis, Yulia, Olimpas. Sang Rasul juga tidak lupa menyebut rekan-rekan pria sejawatnya.

Jika diperhatikan dengan saksama, kebanyakan nama itu merupakan nama-nama asing yang tidak terdapat dalam keempat Injil. Mereka bukan orang terkenal dan tokoh penginjilan, namun Paulus sangat menghargai mereka.

Pada titik ini, kita bisa menyimpulkan bahwa sehebat-hebatnya Paulus, dia tidak dapat mengerjakan pelayanan seorang diri. Dia juga tidak tergoda menjadi one man show! Harus diakui bahwa tempat dan peran pemimpin itu penting, tetapi tanpa dibantu oleh banyak orang di belakangnya, termasuk juga perempuan, semua tak berarti apa-apa.

D. L. Moody pernah berujar: "Saya sanggup mengerjakan pekerjaan sepuluh orang dengan baik, tetapi saya lebih suka ada sepuluh orang yang mengerjakan tugasnya!" Hanya dengan cara itu setiap orang dapat menyumbangkan kemampuan dirinya dalam pekerjaan Allah. Dan itu hanya mungkin ketika pemimpin besar mau memberikan ruang. [CC]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org