Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2011/03/22

Selasa, 22 Maret 2011

Lukas 18:31-34
Jangan hanya memahami

Judul: Jangan hanya memahami
John C. Maxwell pernah berkata demikian "A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way." Artinya, pemimpin adalah seorang yang mengerti jalan, berjalan melalui jalan tersebut, dan memperlihatkannya kepada orang lain. Dengan kata lain, seorang pemimpin bertanggung jawab untuk memahami dengan benar apa yang harus dia lakukan, bagaimana melakukannya, serta menunjukkannya kepada orang lain.

Maxwell pasti terinspirasi oleh kepemimpinan Tuhan Yesus. Sebagai seorang pemimpin, Yesus menyatakan kepada murid-murid-Nya hal apa saja yang akan terjadi, termasuk apa yang akan menimpa diri-Nya (32-33), sebagaimana ditulis para nabi sebelumnya, bahwa semua itu merupakan kebenaran yang sebentar lagi akan digenapi melalui diri-Nya (31b). Sayang, para murid yang mendengarkan semua yang dikatakan oleh Sang Pemimpin tersebut, sama sekali tidak mengerti maksud-Nya (34). Namun demikian, hal itu tidak menghalangi Yesus memberitahukan kepada mereka kebenaran tersebut. Yesus tahu, pada waktunya kelak para murid akan mengerti semua perkataan yang Dia ucapkan, yakni pada saat Roh Kudus akan dicurahkan atas mereka. Oleh sebab itu, Dia terus mengajar, memberitahukan serta memperlihatkan kepada murid-murid tersebut teladan hidup seorang pemimpin yang benar. Juga tentang bagaimana Ia harus menanggung penderitaan sebagai penyempurnaan atas misi-Nya di dunia ini.

Mungkin saja kita tidak menduduki jabatan sebagai pemimpin dalam sebuah bidang pelayanan, di gereja atau dimana pun, tetapi apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus wajib kita teladani. Kita harus yakin pada setiap kebenaran firman Tuhan, melakukannya dengan setia, serta bersedia mengajarkannya juga kepada orang lain. Jangan hanya gampang mengajar, tetapi abai dalam melakukan. Seorang Kristen sejati bukan hanya pandai berteori saja. Kita harus melakukan apa yang kita percayai agar orang lain bukan hanya mendengar, melainkan melihat juga bagaimana kebenaran itu nyata dan hidup di dalam diri kita.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org