Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2011/01/19

Rabu, 19 Januari 2011

Lukas 6:27-36
Keistimewaan anak-anak Allah

Judul: Keistimewaan anak-anak Allah
Salah satu keistimewaan yang dimiliki orang Kristen adalah kemampuannya untuk mengasihi orang, bahkan yang telah menyakiti hatinya sekalipun. Namun sayangnya, tidak semua orang Kristen menyadari keistimewaan ini dan cenderung mengabaikannya.

Yesus menyebut keistimewaan ini dengan kata jasa (34), yaitu sesuatu yang membedakan kita dengan orang lain (orang berdosa). Keistimewaan ini sendiri merupakan karakter Allah Bapa yang diturunkan pada anak-anak-Nya (35). Ini berarti, bahwa jika kita mengaku sebagai anak-anak dari Bapa sorgawi kita, kita pasti bisa melakukan apa yang Bapa ingin untuk kita lakukan.

Secara manusiawi, tentu bukan suatu hal yang mudah untuk melakukan hal baik seperti mendoakan, memberkati, dan memberikan pinjaman kepada orang yang telah berbuat jahat terhadap kita. Mungin kita malah berkata, "boro-boro mau mendoakan, saya tidak membalasnya saja sudah bagus".

Namun firman Tuhan yang kita baca hari ini mengajarkan bahwa mengasihi musuh adalah keistimewaan yang harus kita pertahankan, karena merupakan sifat warisan dari Bapa kita. Keberadaan kita sebagai anak Allah, ditentukan oleh bagaimana kemurahan hati Allah dapat turun atas kita. Kemurahan hati yang tidak membeda-bedakan satu sama lain. Kemurahan hati yang menganggap bahwa semua orang tanpa terkecuali, berhak menerima kasih dan perlakuan yang baik dari kita.

Mungkin saja tidak selalu mudah untuk segera memunculkan perasaan yang hangat terhadap orang yang memusuhi kita. Maka yang Tuhan minta adalah kasih yang mau atau rela melakukan sesuatu bagi mereka. Tuhan juga meminta agar kita bersikap terhadap mereka seperti yang kita inginkan orang lain bersikap terhadap kita. Maka jika ada orang yang melukai hati Anda atau orang yang membangun benteng permusuhan terhadap Anda, tunjukkanlah kemurahan hati Allah yang turun atas kita bagi mereka. Doakan mereka dan berbuat baiklah kepada mereka. Supaya sama seperti Bapa, kita pun memiliki kemurahan hati.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org