Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2010/11/13

Sabtu, 13 November 2010

Yoel 2:30-32
Tanda kedatangan-Nya

Judul: Tanda kedatangan-Nya
Menjelang tahun 2000 dunia dilanda demam Y2K. Belum lama ini muncul demam akan berakhirnya dunia di tahun 2012 karena ramalan suku Maya. Dapat dipahami bahwa suhu eskatologis makin meningkat karena meluasnya berbagai gejala alam seperti gempa bumi, pemanasan, banjir, kekeringan, dlsb., yang berpotensi menimbulkan kerusakan berskala masif; juga ketegangan politik antar bangsa, sakit penyakit yang berpotensi mewabah, dlsb. Benarkah semua kejadian tadi merupakan tanda kedatangan Yesus kedua kali? Apa yang harus menjadi pengertian orang beriman tentang tanda kedatangan Yesus? Apakah yang dapat kita bicarakan tentangnya dengan orang lain?

Apa yang dinubuatkan Yoel sebenarnya bukan tanda-tanda yang sama sekali baru. Dalam PL terutama dalam kisah Keluaran orang Ibrani dari perbudakan Mesir, kehadiran Allah yang membebaskan mereka selalu disertai berbagai tanda. Seperti sepuluh tulah yang intinya menyerang dan mengalahkan sesembahan dan andalan Mesir, pembelahan Laut Merah, tiang awan dan api yang menyertai, menaungi, dan melindungi orang Israel sepanjang pengembaraan ke tanah perjanjian. Tanda-tanda itu membawa dampak buruk sebagai penghukuman yang diakibatkan oleh lawatan Allah baik kepada umat maupun kepada yang bukan umat. Sebaliknya tanda-tanda itu membawa dampak baik karena merupakan sisi penyelamatan atau pemberkatan yang diakibatkan oleh kehadiran Allah kepada umat. Nubuat Yoel sebenarnya mengacu ke belakang sambil menunjuk ke depan ke lawatan Allah. Dan melalui khotbah Petrus yang mengacu ke Yoel untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi di hari Pentakosta (Kis. 2:17 dst.), Roh menegaskan bahwa lawatan terakhir Allah atas bumi ini dimulai oleh kedatangan Yesus pertama dan dituntaskan oleh kedatangan-Nya kedua kelak.

Untuk orang beriman tanda penghukuman seperti matahari gelap, darah, dsb., sudah diubah Yesus saat Ia menanggung harga penyelamatan kita. Namun saat Ia datang kelak, tanda itu menunjuk ke kepastian penghukuman yang akan Dia tanggungkan kepada orang-orang yang tak memercayakan hidup kepada-Nya.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org