Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2010/10/31

Minggu, 31 Oktober 2010

2 Tawarikh 6:21
Peliharalah rumah-Mu

Judul: "Peliharalah rumah-Mu"
Setelah Salomo menyaksikan kebesaran dan kesetiaan Tuhan, Salomo menaikkan doanya pada Tuhan (13). Paling tidak ada empat hal yang ia sampaikan di dalam doanya:

1. Pengakuan akan siapa Tuhan dalam kehidupan manusia. Sesungguhnya tidak ada Tuhan lain yang seperti Tuhan Allah, yang berkuasa atas langit dan bumi dan senantiasa berpegang pada janji yang telah Ia ucapkan (14-15)

2. Permohonan pemeliharaan Tuhan atas keturunan Daud, sekaligus keyakinan bahwa Allah adalah Allah yang setia (16, 17)

3. Pengakuan akan kebesaran Tuhan sehingga sesungguh-nya tidak ada tempat yang layak untuk menjadi tempat kediaman Tuhan (18).

4. Permohonan agar Tuhan menyertai dan memelihara Bait Suci yang telah dibangun.

Salomo memohon pemeliharaan Tuhan bukan hanya pada saat pembangunan Bait Suci saja. Sesudah pembangunan usai, Salomo kembali memohon agar Tuhan memelihara Bait Suci. Harapan ini lahir dari pemahaman tentang pentingnya ibadah bagi umat Tuhan. Sebab itu Salomo merasa perlu mendoakan kelangsungan Bait Allah supaya umat tetap dapat beribadah kepada Tuhan di tempat itu (21). Bagi Salomo, memelihara kesetiaan bangsa kepada Tuhan dapat dilakukan dengan memberi perhatian pada ibadah yang benar.

Sebagai anggota gereja, kita juga perlu mendoakan kelangsungan gereja, tetapi bukan hanya untuk perluasan gedungnya atau untuk memasyhurkan nama pendirinya. Melainkan agar gereja berfungsi sebagaimana tiga tugas panggilan gereja, yaitu bersaksi, bersekutu, dan melayani (marturia, koinonia, dan diakonia). Sebab jika gereja tidak lagi berfungsi sebagaimana seharusnya, maka kehadirannya di dunia jadi sia-sia. Apa gunanya gedung gereja semakin besar dan semakin banyak bila tidak difungsikan sebagai tempat umat beribadah kepada Tuhan? Maka mintalah, "Ya Tuhan, peliharalah gereja supaya dapat berfungsi sebagaimana seharusnya."

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org