Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2010/10/20

Rabu, 20 Oktober 2010

2 Samuel 23:8-39
Termasuk orang setia

Judul: Termasuk orang setia
Pasti menyenangkan dapat masuk daftar orang-orang terkenal. Nas kita hari ini menguraikan daftar prajurit-prajurit yang gagah perkasa dan setia kepada Daud.

Supaya jangan menganggap bahwa ini semua terjadi hanya berdasarkan kekuatan manusia, penulis mengingatkan kita bahwa melihat dari perspektif manusia saja tak cukup menjelaskan keberhasilan seseorang. Dalam dua kisah yang diberikan, penulis menyatakan bahwa "Tuhan memberikan pada hari itu kemenangan yang besar" (10, bdk. ayat 12). Namun tidak berarti bahwa usaha manusia tidak diperhitungkan. Anugerah Allah tidak menghilangkan tanggung jawab manusia, dan Tuhan akan memberikan kemuliaan yang lebih bagi mereka yang melakukan lebih. Tidak heran daftar pahlawan terbagi dalam beberapa bagian.

Pertama, yang paling dihormati adalah tiga pahlawan yang dikisahkan dalam ayat 8-12. Kemudian ada tiga puluh pahlawan (24-39), yang diwakili kepahlawanan mereka melalui kisah tiga pahlawan yang mengambil air dari sumur Betlehem, dengan menerobos perkemahan orang Filistin (13-17). Juga ada catatan khusus untuk Abisai adik Yoab dan Benaya bin Yoyada, yang merupakan pemimpin dari ketiga puluh pahlawan tersebut, walau tidak sampai menyamai triwira yang telah dikisahkan sebelumnya (8-12).

Adanya tingkatan-tingkatan dari para pahlawan tersebut menyadarkan kita bahwa keberhasilan kita merupakan anugerah semata-mata. Namun bukan berarti Tuhan tidak akan memperhitungkan hal itu sebagai hasil kerja kita. Maka marilah kita dengan giat melayani Tuhan, karena kita tahu bahwa bila kita setia dalam perkara yang kecil, kita akan diberikan tanggung jawab dalam perkara yang besar (lihat Mat. 25:21, 23). Hendaknya kita selalu ingat, bahwa jauh lebih terhormat masuk ke dalam daftar "hamba-hamba yang setia" Tuhan daripada daftar pahlawan buatan manusia. Karena orang yang diperhitungkan ke dalam hamba-hamba yang setia adalah orang yang menerima perkenan Allah.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org