Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2010/10/18

Senin, 18 Oktober 2010

2 Samuel 22:31-51
Siapakah Allah selain Tuhan?

Judul: Siapakah Allah selain Tuhan?
Orang-orang dunia purba percaya kepada banyak allah. Di antara semua bangsa dalam dunia purba, hanya Israel yang percaya bahwa Tuhan adalah satu-satunya Allah. Sebab itu tak mengherankan bila Daud, seperti juga para nabi, terus menegaskan bahwa tidak ada Allah lain selain Tuhan.

Penegasan yang menyatakan kedaulatan Tuhan ini kemudian dilanjutkan dengan pujian dan mengembalikan segala kemuliaan hanya pada Allah. Dialah Allah yang membuat langkah Daud lincah dan tangkas seperti kaki rusa yang dapat berdiri di bukit (34), yang melatih tangannya menjadi kuat dan tangguh dalam perang (35), yang memberikan perlindungan kepada dia (36), dan meneguhkan langkah kakinya sehingga dapat melangkah tanpa goyah (37).

Allah juga yang menjadikan Daud besar (36a) sebagai seorang pemimpin militer, yang dapat dengan mudah menghancurkan musuh-musuhnya (38-39). Allah memberikan keperkasaan kepada Daud dan menundukkan orang yang melawan dia di bawah kuasanya (40). Kemenangan mutlak yang diperoleh Daud digambarkan sebagai menggiling musuh sampai halus dan menginjak mereka seperti lumpur (43). Kebesarannya sebagai raja digambarkan dengan bangsa bangsa menjadi hambanya, dan orang orang tunduk dan takut kepadanya (44-46).

Mengapa Daud dapat menjadi demikian hebat? Karena dia adalah raja yang diangkat (51) oleh satu-satunya Allah yaitu Tuhan (32). Bangsa bangsa lain boleh berpikir bahwa mereka juga menyembah allah-allah yang hebat, tetapi allah-allah mereka hanyalah patung buatan tangan manusia. Tidak heran bila Daud menyatakan bahwa ia mau menyanyikan syukur bagi Tuhan di antara bangsa-bangsa (50).

Percayakah kita akan kedaulatan dan keperkasaan Allah? Mari buktikan kepada orang-orang di sekeliling kita bahwa kita memiliki Allah yang perkasa, dengan hidup dalam kebenaran dan tak berkompromi terhadap kejahatan. Allah akan meneguhkan dan menopang kita dalam segala perkara.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org