Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2010/10/04

Senin, 4 Oktober 2010

2 Samuel 16:1-4
Kritis dan objektif

Judul: Kritis dan objektif
Apakah yang terjadi apabila kita melayani tanpa disertai ketulusan hati? Mungkin selama jangka waktu tertentu kita berhasil membangun kepercayaan orang-orang di sekitar kita tentang kredibilitas dan integritas yang kita miliki. Namun cepat atau lambat motivasi kita yang sesungguhnya akan terbongkar juga.

Dalam bagian ini kita membaca kisah Daud yang sedang berada dalam pelarian. Tiba-tiba Daud bertemu dengan Ziba. Ziba adalah hamba Mefiboset (3-4). Mefiboset adalah anak Yonatan, sahabat karib Daud. Ziba adalah hamba yang dipercaya oleh Mefiboset untuk mengatur rumah tangganya. Ziba menemui Daud dengan membawa perbekalan untuk Daud yang saat itu sedang berada dalam pelarian. Tampaknya ia datang tanpa sepengetahuan tuannya. Ketika Daud menanyakan kabar Mefiboset, Ziba mengatakan sesuatu yang sebenarnya dapat diragukan kebenarannya (3). Dengan kata lain Ziba memfitnah Mefiboset, tuan yang dia layani. Mengapa? Kalau kita memperhatikan jawaban Ziba maka kita dapat menyimpulkan bahwa ia bermaksud mencari keuntungan bagi dirinya sendiri (4).

Tentu Anda setuju untuk mengatakan bahwa perbuatan Ziba sungguh tidak terpuji. Demi hasrat mendapatkan sesuatu yang lebih, Ziba tega memfitnah tuannya. Dapat dikatakan, Ziba adalah seorang oportunis, yang berusaha memanfaatkan segala kesempatan, bagi keuntungan pribadi. Andai Mefiboset tahu perbuatan Ziba, pastilah kepercayaannya terhadap Ziba jadi hancur. Ziba, entah sadar atau tidak, telah menghancurkan integritas dan kredibilitas dirinya. Orang-orang seperti ini, bukan tidak mungkin, ada di sekitar kita. Menghadapi orang yang demikian, kita harus belajar kritis. Jangan asal percaya, seperti yang telah Daud lakukan (4). Selidiki terlebih dahulu seluruh fakta-fakta yang terkait. Perlu juga belajar menilai segala sesuatu secara objektif. Dan yang terpenting, mintalah Tuhan menyelidiki apakah segala penilaian dan keputusan Anda tentang sesuatu sudah benar.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org