Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2010/10/01

Jumat, 1 Oktober 2010

2 Samuel 15:13-23
Dalam pemeliharaan Tuhan

Judul: Dalam pemeliharaan Tuhan
Kerajaan Israel berada di titik kritis. Kerajaan terancam terpecah, sebagian berpihak pada Absalom dan sebagian lagi masih setia kepada Daud, raja yang diurapi Tuhan.

Pemberontakan Absalom membuat Daud merasa terancam. Ia merasa khawatir mendengar kabar bahwa Absalom mendirikan kerajaan tandingan dan banyak rakyat yang berpihak kepada dia (13-14). Karena mencemaskan diri mereka semua, Daud memutuskan untuk membawa orang-orangnya keluar dari Yerusalem. Maka takhta raja jadi kosong. Daud meninggalkan hanya sepuluh orang gundik untuk mengurus istana (16). Daud dikawal bukan saja oleh para pengawalnya, tetapi juga oleh bangsa-bangsa lain dari orang Kreti, Pleti, dan Gat. Mereka adalah para prajurit dari latar belakang Filistin, di bawah komando Itai, yang bergabung dengan para prajurit Daud (17-18).

Kita melihat bahwa masih banyak dukungan bagi Daud, bukan saja dari pasukannya, tetapi juga dari pasukan bangsa lain, bahkan rakyat di pedesaan. Absalom bisa saja mendirikan kerajaan sendiri, tetapi di mata Allah, pemerintahan yang sah dan diberkati Tuhan adalah pemerintahan di bawah kepemimpinan Daud. Maka di dalam situasi kacau balau itu, Allah tetap memelihara kehidupan Daud, sebagai raja yang setia kepada Allah. Allah melindungi dan memelihara pemerintahan raja yang Dia urapi.

Walau Daud menghadapi situasi yang sulit dan tragis, Allah tidak berhenti dari pemeliharaan-Nya atas Daud. Allah pun tidak berhenti memperhatikan kita dalam masa-masa krisis yang kita alami. Bahkan meski ada orang-orang, yang bukannya memberikan dukungan, malah menjatuhkan mental atau bahkan nama baik kita. Dalam situasi demikian, kiranya kita masih memiliki harapan. Seperti Allah, yang menggerakkan bangsa asing untuk mendukung Daud, Dia pun pasti akan menolong kita dengan cara yang mungkin tak terduga. Maka yang terpenting adalah serahkan hidup sepenuhnya kepada Tuhan, Dia akan memelihara hidup kita (1Ptr. 5:7).

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org