Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2007/12/16

Minggu, 16 Desember 2007

Ester 2:1-23
Sesuai rancangan Allah

Judul : Sesuai rancangan Allah Di dalam perjalanan hidup, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan kita. Namun Allah punya rancangan atas hidup umat-Nya, hingga segala sesuatu akan berjalan sesuai rancangan yang mulia itu.

Terusirnya Ratu Wasti dari istana memberi kesempatan pada semua gadis di Susan untuk menjadi ratu (ayat 2-4). Gadis mana yang tak mau? Maka bagai persiapan kontes ratu kecantikan, setiap gadis yang terpilih mendapatkan perawatan kecantikan (ayat 12). Termasuk di antara gadis-gadis itu ialah Ester, seorang gadis Yahudi, yang diangkat anak oleh saudara sepupunya, Mordekhai (ayat 5-7). Secara khusus, Ester mendapatkan simpati Hegai, petugas istana yang bertugas menangani gadis-gadis itu. Betapa beruntungnya Ester karena Hegai kemudian mempersiapkan Ester secara khusus (ayat 9-10, 15).

Upaya Hegai dan ketaatan Ester tidak sia-sia. Ester berhasil merebut kasih sayang raja hingga dilantik menjadi ratu (ayat 17-20)! Terpilihnya Ester sebagai ratu tidak terlepas dari campur tangan Allah. Suatu hari nanti, posisi Ester sebagai ratu berperan penting dalam kelangsungan hidup bangsa Yahudi. Tentu saja bukan semata-mata karena kuasa yang Ester miliki, melainkan karena tangan Allah bekerja begitu indah, merajut peristiwa demi peristiwa untuk menggenapi rencana-Nya atas umat-Nya. Akan terlihat bahwa jabatan ratu yang disandang Ester menunjukkan tanggung jawab untuk melakukan tugas besar dikemudian hari. Maka terbongkarnya konspirasi pembunuhan raja Ahasyweros oleh Mordekhai (ayat 19-23), juga akan menjadi kunci penting bagi permasalahan pelik yang dihadapi bangsa Yahudi kemudian.

Coba kita ingat setiap peristiwa yang kita alami sampai berada di tempat yang sekarang. Adakah kita melihat pimpinan Allah langkah demi langkah? Pahamilah bahwa di mana pun Allah menempatkan kita, sesungguhnya Dia mempercayakan peranan yang akan berpengaruh juga bagi hidup orang lain. Penting bagi kita untuk menggumuli hal ini agar tahu bagaimana harus berkiprah sesuai rancangan Tuhan.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org