Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2007/04/12

Kamis, 12 April 2007

Yeremia 31:23-30
Pemulihan yang tuntas

Judul: Pemulihan yang tuntas "Seperti mimpi," demikian komentar penuh syukur seorang pebisnis Kristen. Ia menyaksikan bagaimana Tuhan menolongnya bangkit dari reruntuhan usahanya akibat krisis moneter 1998 yang lalu, dengan cara yang tak terduga dan hasil berlipat ganda, tak terbayangkan.

Yeremia pun melihat dalam mimpinya penggenapan janji Allah bagi pemulihan Israel yang tidak bisa dibayangkan betapa ajaib dan indahnya (26). Tuhan memulihkan berkat rohani mereka dengan memberi mereka doa berkat (23b) yang merujuk pada doa berkat yang dulu diucapkan imam kepada nenek moyang mereka (Bil. 6:24-26; Mzm. 128:5). Tuhan juga memulihkan aspek ekonomi, di mana petani dan peternak akan kembali menikmati kesuburan tanah (24) sehingga kerja keras dan peluh yang mengalir karena mengolah tanah tidak sia-sia melainkan memuaskan (25).

Lebih lanjut, pemulihan Israel terjadi secara tuntas. Dulu Tuhan memberi otoritas kepada Yeremia untuk mewakili Tuhan mencabut, merobohkan untuk membinasakan dan mencelakakan umat berdosa (1:10), maka sekarang Tuhan sendiri akan membangun dan menanam mereka (31:28). Dulu ulah nenek moyang mereka harus mereka tanggung renteng dengan hukuman pembuangan, kini mereka sendiri diampuni dan diberi kesempatan baru untuk menjalani hidup dalam kesetiaan dan tanggung jawab penuh kepada Allah secara langsung (29-30).

Sungguh luar biasa kalau Allah bekerja memulihkan umat-Nya. Tidak kepalang tanggung. Hukuman boleh sekeras apapun, namun pengampunan Allah selalu jauh melampaui kerasnya hajaran, karena itu adalah pukulan seorang Bapa yang penuh kasih! Oleh karena itu, jangan pernah terlalu berputus asa hingga tidak bertobat. Bertobatlah agar Allah memulihkan Anda.

Renungkan: Kini Anda sudah dipulihkan. Nyatakan dan ujudkan hidup baru Anda dengan setia melayani Tuhan dan tidak bermain-main lagi dengan dosa.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org