Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2006/12/27

Rabu, 27 Desember 2006

Lukas 1:67-80
Benedictus

Judul: Benedictus "Terpujilah...", itulah awal nyanyian Zakharia yang dalam bahasa Latin disebut Benedictus. Setelah mendengar karya Tuhan dalam diri Maria yang akan melahirkan Yesus dan setelah mengalami karya Tuhan dalam keluarganya, Zakharia memuji Allah. Padahal sebelumnya ia bisu sekian waktu lamanya karena tidak percaya pada berita yang malaikat sampaikan. Namun saat itu ia penuh dengan Roh Kudus. Fokus pujian Zakharia adalah karya Allah bagi Israel: Allah melawat dan membawa kelepasan, serta menumbuhkan tanduk keselamatan bagi umat-Nya yaitu Mesias (68-72a). Kedatangan Juruselamat terjadi sebagai penggenapan janji Allah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, nenek moyang Israel (72b-75). Umat-Nya akan diselamatkan dari kekuatan musuh sehingga mereka beribadah kepada-Nya dalam kekudusan dan kebenaran.

Kelahiran Yohanes, putra Zakaria, akan menjadi permulaan tanda bahwa Allah kembali bekerja untuk menggenapi apa yang telah Dia janjikan. Yohanes akan menjadi nabi Allah yang bertugas untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan dan mewartakan pengampunan dosa (76-78). Yohanes akan memberitakan kabar keselamatan dan Tuhan Yesuslah yang akan menyelamatkan dunia yang berada dalam kegelapan. Dia disebut `Surya pagi dari tempat yang tinggi.\' Dia merupakan wujud lawatan Allah kepada umat-Nya yang didasarkan atas rahmat dan belas kasihan-Nya. Itulah sebabnya Zakharia memuji Allah!

Kedatangan Sang Mesias ke dalam dunia begitu penting bagi manusia karena tanpa Dia hidup kita berakhir dalam kegelapan lorong maut, tanpa pengharapan sama sekali. Oleh sebab itu, sambutlah Dia dalam hidup Anda agar terang-Nya datang menyinari dan menuntun Anda dalam jalan damai sejahtera. Terpujilah Allah!

Lakukan: Pujilah Tuhan kita Yesus Kristus yang telah datang ke dalam dunia untuk menyatakan rahmat dan belas kasihan Allah.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org