Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2006/12/17

Minggu, 17 Desember 2006

Wahyu 19:11-21
Firman hidup yang menang

Judul: Firman hidup yang menang Paparan tentang Kristus dan kemenangan-Nya menjadi sangat jelas, lengkap, dan penuh. Dia adalah Panglima perang pasukan Allah yang telah menang perang melawan semua musuh Allah. Kuda putih melambangkan kemenangan. Panglima perang (11) dan seluruh pasukan (14) mengendarai kuda putih menyatakan kemenangan mutlak! Kristus menang atas semua musuh Allah. Ini adalah bukti bahwa Dialah "Yang Setia dan Yang Benar." Dialah Firman Allah yang hidup yang kekuasaan firman-Nya menghakimi dengan adil bagaikan pedang tajam (13-15). Kedahsyatan kuasa, kemuliaan, dan kekudusan-Nya tampil seperti yang Yohanes saksikan di ps. 1. Kristus setara dengan Allah sehingga nama-Nya tidak diketahui siapa pun (12). Kristus adalah pusat kasih Allah terhadap semua orang yang percaya kepada-Nya. Kristus adalah satu-satunya yang berhak atas mahkota kemuliaan (12). Dialah "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan" (16).

Semua musuh telah kalah mutlak. Hal ini digambarkan dalam dua ilustrasi. Pertama, ajakan kepada para burung pemakan daging untuk berpesta pora atas mayat-mayat musuh dari semua golongan (17-18). Kedua, ditangkap dan dibuangnya ke lautan api belerang yang menyala-nyala para pemimpin musuh yang ada di bumi (20). Tak ada musuh Allah yang luput dari pedang Kristus (21). Kemenangan Kristus diperoleh melalui curahan darah-Nya (13). Dialah penggenap firman Allah penuh dan sejati. Orang yang meski menderita karena bersetia iman dan berteguh dalam kebenaran adalah penunggang-penunggang kuda pasukan Kristus yang menang! Akan menjadi pecundangkah kita terhadap dunia, atau pemenang karena mengikut Sang Raja Pahlawan yang menang?

Nyanyikan: Dia nobatkanlah Sang Raja Penebus. Bahana surga bergema, memuji Dia tírus. Hai bangun jiwaku, bernyanyilah serta. Memuji Jurusílamatmu, kekal selamanya. (KJ No. 226)

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org