Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2006/12/14

Kamis, 14 Desember 2006

Wahyu 17:1-18
Awas persekongkolan jahat!

Judul: Awas persekongkolan jahat! Pasal 17:1-19:10 menafsirkan lebih rinci penglihatan tentang cawan keenam dan ketujuh. Penglihatan ini menelanjangi persekongkolan antara "pelacur besar" (1) dengan binatang buas (3), dalam dosa-dosa najis dan keji mereka melawan Allah. Pelacur atau Babel besar (5) atau Roma dengan tujuh gunung adalah simbol keduniawian (9). Dengan bantuan si jahat mereka membangun kekuatan religius (anggur percabulan memabukkan, ay. 3) - bersatu dengan kekuatan daya tarik keberhasilan ekonomi (pakaian merah ungu dan perhiasan mahal-mahal, ay. 4) untuk menghujat Allah. Seiring perlawanan mereka terhadap Allah, mereka juga menganiaya dahsyat para pengikut Kristus (6). Daya jahat mereka sangat kuat dan dahsyat seolah tujuh kepala dengan sepuluh tanduk (3b).

Pelacur ini sebenarnya umpan Iblis untuk memperbudak dunia jadi penyembahnya (4-5). Kebudayaan tanpa Allah (18) menghasilkan berbagai dosa jahat. Masa kini kehidupan ala "dugem" dan berbagai bentuk spiritualitas yang tidak serasi Alkitab adalah contoh gaya hidup yang didorong oleh pemberontakan terhadap Allah. Iblis juga memakai pemerintahan dunia ini yang dilambangkan dengan binatang yang menyokong wanita itu (3, 8-14). Sistem pemerintahan dunia yang antiKristus ini menghasilkan rupa-rupa konspirasi dan kejahatan politis agar seluruh dunia diperhambakan pada Iblis. Orang Kristen harus waspada terhadap persekongkolan dan tipuan daya jahat yang menggunakan kekuatan politis, ekonomi, budaya, sosial, spritual-religius!

Namun, Allah tetap pegang kendali atas semua ini. Pertama, konspirasi tingkat tinggi ini tetap tak akan mampu melawan Anak Domba Allah (14). Kedua, konspirasi itu sendiri tidak tahan lama karena benih perpecahan yang Allah taruh di dalamnya (15-17). Jadi, gereja tidak perlu takut dan tertekan sebab gereja ada dalam perlindungan Sang Penolong.

Camkan: Gereja sejati sudah ditebus Kristus adalah Agen Allah membongkar kejahatan dunia yang gelap ini.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org