Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2006/12/05

Selasa, 5 Desember 2006

1Timotius 5:17-25
Tanggung jawab terhadap penatua

Judul: Tanggung jawab terhadap penatua Dalam jemaat mula-mula, sebutan `penilik\' jemaat sering dipakai bergantian dengan sebutan `penatua\' dan tampaknya mengacu pada jabatan yang sama (mis. Kis. 20:17, 28; bdk. Flp. 1:1; Tit. 1:5-7). Dua istilah ini mungkin berlatar belakang kebiasaan Yahudi (tiap rumah sembahyang mempunyai `tua-tua\') dan kebiasaan Yunani (`penilik\' dipakai untuk pejabat pemerintahan kota). Maka, `penatua\' lebih mengacu pada senioritas dan wibawa, sedangkan `penilik\' pada fungsi penyeliaan pelayanan jemaat. Namun tugas utama jabatan ini ialah menggembalakan jemaat.

Penatua yang setia dalam mengajar dan menggembalakan jemaat harus dihormati ganda (1Tim. 5:17). Selain memberikan respek, jemaat juga harus menjamin kebutuhan hidup penatua (18). Ini didasarkan pada perintah Yesus (Luk. 10:7) dan prinsip PL, bahwa lembu yang mengirik diizinkan memakan gandum yang diiriknya (Ul. 25:4; bdk. 1Kor. 9).

Jika seorang penatua berbuat dosa, yang dalam konteks surat ini mungkin mengikuti ajaran sesat (bdk. 2Tim. 1:20; 2Tim. 2:17), maka tindakan yang diambil terhadap mereka harus didukung oleh bukti kuat (1Tim. 5:19), dilakukan di hadapan jemaat (20), dan tidak dimotivasi oleh prasangka atau keberpihakan (21). Instruksi ini serius berdasarkan otoritas rasuli Paulus dengan memanggil Allah sebagai saksi.

Calon penatua harus diseleksi dengan cermat (bdk. 2Tim. 3:1-7). Selain ajaran, kesaksian hidup serta karakternya harus diuji (1Tim. 5:24-25). Seleksi yang tergesa-gesa dapat melibatkan para pelaksananya "dalam dosa orang lain" (22).

Perikop ini menggariskan prinsip-prinsip penting yang selalu perlu diingat kembali oleh gereja Tuhan sebagai pedoman dalam menghadapi situasi atau kebutuhan yang serupa. Ingat, penatua adalah manusia biasa yang perlu didoakan, dilindungi dari berbagai gosip, dan didukung pelayanannya oleh jemaat.

Ingat!: Menghormati dan mendukung pemimpin gereja berarti menghormati Allah yang telah menetapkannya.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org