Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2006/12/02

Sabtu, 2 Desember 2006

1Timotius 4:6-16
Pelayan Kristus yang baik

Judul: Pelayan Kristus yang baik Instruksi Paulus kepada Timotius di sini mencerminkan salah satu pelajaran terpenting dari surat-surat Pastoral, yaitu gereja akan sehat jika memiliki pemimpin yang sehat ajaran dan hidup kerohaniannya. Sebagai pemimpin muda usia, Timotius dianjurkan untuk memperhatikan lima hal agar ia dapat menjadi "pelayan Kristus yang baik."

Pertama, Timotius harus rajin mengajarkan kebenaran firman, sambil dididik" (bhs. Yun. "diberi makan") oleh firman (6). Rahasia untuk mengajar dengan baik ialah disiplin belajar yang baik. Ay. 11, 13, 16 menekankan pentingnya bertekun dalam mengajar dan diajar oleh firman Allah. Kedua, ia harus melatih diri beribadah (7). Metafora "berlatih" diambil dari dunia olahraga, yang sangat populer pada masa itu. Para atlet giat berlatih menjelang pertandingan. Beribadah berarti menyatakan takut dan kasih akan Allah sebagai perwujudan dari ketaatan seseorang kepada-Nya. Merenungkan firman dengan teratur dan disiplin adalah latihan rohani untuk bertumbuh dalam kasih kepada Allah.

Ketiga, Timotius harus "menjadi teladan" bagi orang percaya, baik dalam perkataan maupun perilakunya (12), khususnya dalam kasih, iman (kesetiaan), dan kesucian, yakni penguasaan diri. Keempat, ia harus mengakui otoritas yang lebih tinggi, dalam hal ini Paulus, yang mempercayakan tugas ini kepadanya. Ajarannya harus sesuai dengan ajaran Paulus ("semuanya itu," ay. 11). Ia juga harus mengawasi diri maupun konsistensi ajarannya (16). Pembacaan lisan Kitab Suci di hadapan jemaat merupakan tradisi ibadat Yahudi yang dilanjutkan dalam liturgi Kristen (Kis. 13:15). Kelima, ia harus mempergunakan "karunia" yang ia terima (1Tim. 4:14; bdk. 2Tim. 1:6). "Nubuat" menandakan bahwa Timotius menerima panggilan dan karunia Allah untuk pelayanan ini (bdk. 1Tim. 1:18; Kis. 13:1-3), yang dikukuhkan oleh jemaat melalui "penumpangan tangan."

Doakan: Mereka yang terpanggil melayani sebagai gembala jemaat, agar mereka menjadi pelayan Kristus yang baik.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org