Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2006/11/03

Jumat, 3 November 2006

Yeremia 13:1-14
Bila keluar dari maksud Allah!

Judul: Bila keluar dari maksud Allah! Tujuan Allah untuk umat-Nya adalah menjadi milik yang penting dan berguna bagi-Nya, seperti ikat pinggang yang merupakan bagian pakaian yang melekat akrab pada tubuh manusia.

Jati diri Yehuda sebagai umat Allah baru ada artinya kalau Yehuda setia mengikatkan diri kepada Allah sebagaimana secara formal dinyatakan oleh Perjanjian Sinai. Ketika Yehuda menolak setia pada Allah dan memilih berpaling pada allah-allah lain, ia kehilangan jati dirinya dan kehancuranlah yang menantikannya (10-11). Peragaan nubuat yang dilakonkan Yeremia dengan ikat pinggangnya (1-7) dengan jelas menggambarkan situasi Yehuda di luar Tuhan. Mereka bagaikan ikat pinggang lapuk dimakan kelembaban sungai Efrat. Kelapukan itu sendiri merupakan akibat sekaligus hukuman Allah atas Israel, yaitu penjajahan Babilonia yang menyengsarakan Israel.

Hidup di luar Tuhan tidak pernah menghasilkan kebaikan. Ibarat meminum anggur yang memabukkan, demikian orang yang berupaya hidup di luar Tuhan. Umat apalagi mereka yang memiliki posisi sebagai pemimpin akan menanggung akibat fatal bila keluar dari maksud Allah (13). Mereka akan berada dalam kondisi tidak sadar, tidak memiliki kendali diri, dan justru merusak dan merugikan satu sama lainnya dan lebih celaka lagi menghancurkan orang-orang yang seharusnya mereka layani (14).

Melekat erat dengan Tuhan menjadikan hidup bermakna. Dari situlah terpancar kehidupan yang jelas arah dan berwujud kepada berfungsinya umat Tuhan dalam menggenapi rencana Tuhan bagi umat manusia secara lebih luas. Umat Tuhan yang demikian dapat menjadi model hidup kudus berkenan kepada-Nya dan mendorong perubahan nilai hidup dan moralitas masyarakat.

Doaku: Tuhan, berilah Rohmu selalu mendekatkanku pada-Mu. Jangan sampai jabatan, pekerjaan, tenaga, dan kebijaksanaan yang Engkau berikan tersia-sia oleh hidupku.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org