Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/01/24

Minggu, 24 Januari 2021

Bacaan   : BILANGAN 1:47-54
Setahun : Keluaran 20-22
Nas       : "Hanya suku Lewi janganlah kaucatat dan janganlah kauhitung jumlahnya bersama-sama dengan orang Israel." (Bilangan 1:49)

Orang yang Dikhususkan

Beberapa gereja memberlakukan kebijakan khusus, hamba Tuhan tidak diperbolehkan bekerja di luar gereja dan dianjurkan untuk setia mengelola apa yang diberikan gereja untuk penghidupannya sehari-hari. Hal ini diberlakukan supaya mereka fokus membaktikan diri sepenuh waktu melayani jemaat, tidak terkontaminasi dengan budaya duniawi dan senantiasa terkoneksi dengan Tuhan melalui disiplin rohani.

Kebijakan seperti itu mengacu pada pengkhususan orang-orang Lewi yang tidak ikut dihitung dan dicatat bersama suku-suku lain yang ditugaskan oleh Tuhan untuk berperang (ay. 47). Orang Lewi dikhususkan untuk tujuan melayani Tuhan sebagai imam-Nya. Mereka bertanggung jawab dalam tugas pengawasan Kemah Suci, mengangkatnya, mengurusnya lengkap dengan segala perabotannya serta berkemah di sekelilingnya (ay. 50). Mereka dikecualikan dalam sensus, bukan karena lebih baik atau lebih buruk daripada suku-suku lain di Israel, tetapi karena mereka diberi panggilan yang berbeda. Kemah Suci itu simbol kehadiran Allah, sehingga wajib ada yang mengurusnya secara sepenuh waktu. Tidak sembarang orang yang ditentukan dalam panggilan kudus ini. Terutama dalam kesehariannya, mereka harus menjaga diri untuk selalu ada dalam kekudusan hidup.

Tuhan sudah menentukan panggilan untuk kita masing-masing menurut kapasitas kita dan kehendak-Nya. Setiap panggilan yang dianugerahkan-Nya bagi kita itu unik dan mulia. Mari menjalani dengan bersungguh-sungguh dan bersyukur akan setiap panggilan yang kita miliki, meski seolah-olah seperti pekerjaan kecil dan tampak biasa di pandangan masyarakat. --YDS/www.renunganharian.net

PANGGILAN HIDUP YANG DITENTUKAN BAGI ALLAH,
SEHARUSNYA DIHIDUPI DENGAN UCAPAN SYUKUR DAN KETAATAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org