Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/01/16

Sabtu, 16 Januari 2021

Bacaan   : BILANGAN 1:1-19
Setahun : Kejadian 46-48
Nas       : "Hitunglah jumlah segenap umat Israel menurut kaum-kaum yang ada dalam setiap suku mereka, dan catatlah nama semua laki-laki di Israel." (Bilangan 1:2)

Sensus Tuhan

Suatu hari, rumah saya kedatangan para petugas sensus penduduk. Awalnya, mereka mendata anggota keluarga saya, lalu berlanjut pada harta apa saja yang kami miliki. Setelah menjalani kegiatan sensus ini, mereka menempelkan stiker di jendela depan rumah yang menandakan bahwa rumah kami sudah pernah didata.

Dahulu kala setelah keluar dari Mesir, Tuhan memerintahkan Musa melakukan sensus di Israel, khususnya bagi kaum laki-laki. Sensus Tuhan mempunyai tujuan khusus. Tuhan menunjukkan bahwa ada pekerjaan besar yang Dia ingin mereka lakukan, yakni berperang melawan musuh yang akan mereka temui selama perjalanan menuju tanah perjanjian. Dalam sensus ini, kaum laki-laki yang kuat, yang berumur dua puluh tahun ke atas dihitung (ay. 3). Selain itu, kita juga melihat bahwa Tuhan turut bekerja menentukan satu pemimpin yang akan menjadi kepala dalam setiap suku yang bertugas mendampingi Musa dan Harun (ay. 5-16). Menariknya, Musa dan Harun yang awalnya memimpin bangsa ini sendirian, akhirnya memiliki rekan kerja.

Hidup kita pun ditentukan Tuhan untuk dihitung juga. Tujuannya tentu bukan untuk kegiatan yang sia-sia, melainkan untuk ikut serta dalam proyek besar yang sudah dirancang Allah sebelum kita dilahirkan ke dunia. Jika saat ini kita dipercayakan tugas yang mulia, tetaplah bersyukur dan janganlah menolak dengan mengutarakan berbagai alasan. Memang rasanya berat untuk mengerjakan pekerjaan-Nya, tetapi kita tidak perlu khawatir karena tentunya Tuhan sudah menyediakan rekan kerja terbaik, seperti Dia melakukannya untuk Musa dan Harun. --YDS/www.renunganharian.net

BELAJAR TAAT DALAM MENUNAIKAN PEKERJAAN-NYA TIDAKLAH MUDAH,
TETAPI PERCAYALAH TUHAN SELALU BESERTA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org