Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2020/11/30

Senin, 30 November 2020

Bacaan   : Matius 18:21-35
Setahun : 2 Korintus 9-13
Nas       : Yesus berkata kepadanya, "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali." (Matius 18:22)

Menghitung Pengampunan?

Ajaran tentang pengampunan rasanya takkan ada habisnya untuk dibahas. Sepanjang kehidupan manusia berlangsung, dengan potensi konflik dan masalah yang sangat mungkin terjadi dalam berbagai bidang kehidupan, kebutuhan untuk pengampunan akan tetap ada. Termasuk dalam relasi di antara sesama orang percaya maupun dalam kehidupan berkeluarga, yang notabene seharusnya diwarnai kehidupan yang penuh kasih dan saling mengampuni.

Pertanyaan yang diajukan Petrus tentang pengampunan mendapat tanggapan yang mengejutkan dari Yesus. Jika Petrus merasa bahwa tujuh kali pengampunan sudah cukup, Yesus "melipatgandakan" hingga 70 kali lipat! Tentu yang Yesus maksud bukanlah perhitungan matematis, yakni tujuh puluh kali tujuh. Yesus hendak mengajarkan bahwa dalam mengampuni, sebaiknya kita tidak melakukan hitung-hitungan. Artinya, kapan pun pengampunan dibutuhkan, diharapkan kita dapat memberikannya. Semuanya demi kebaikan kita dan orang yang kita ampuni, supaya relasi dapat kembali terjalin dalam suasana damai sejahtera. Bagi orang yang menolak atau sukar mengampuni, ia melupakan fakta bahwa dirinya juga telah diampuni oleh Tuhan, yang tak pernah hitung-hitungan dalam memberikan pengampunan terhadap setiap dosa dan kesalahan yang diperbuatnya.

Sampai hari ini, kita tentu sudah menerima banyak pengampunan, yang menenteramkan hati, melegakan, dan memberi kita harapan baru untuk berubah ke arah yang lebih baik. Maukah kita mengalirkan berkat yang sama kepada orang yang memerlukan pengampunan kita? --GHJ/www.renunganharian.net

ORANG YANG MENYADARI DIRINYA DIAMPUNI
AKAN LEBIH MUDAH MEMBERIKAN PENGAMPUNAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org