Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/07/05

Jumat, 5 Juli 2019

Bacaan   : Bilangan 27:1-11
Setahun : Mazmur 60-66
Nas       : "Perkataan anak-anak perempuan Zelafehad itu benar; memang engkau harus memberikan tanah milik pusaka kepadanya di tengah-tengah saudara-saudara ayahnya; engkau harus memindahkan kepadanya hak atas milik pusaka ayahnya." (Bilangan 27:7)

Merasa Kurang Beruntung?

Ketika menghadapi sebuah masalah besar, berapa kali kita kerap berpikir bahwa masalah itu tidak akan pernah ada jalan keluarnya? Kita merasa sedang berdiri di tepi laut Teberau dan berbagai masalah sedang mengepung diri kita. Berdiri dalam situasi seperti itu membuat kita merasa tidak ada lagi harapan untuk bisa keluar dari masalah itu.

Zelafehad dan keturunannya tidak mendapatkan bagian atas warisan tanah karena tidak ada lagi keturunan laki-laki di tengah keluarga mereka. Sesungguhnya tidak ada hak bagi anak-anak Zelafehad untuk menuntut dan hak warisannya akan jatuh ke tangan orang lain. Tapi anak-anak Zelafehad tidak menyerah, mereka percaya bahwa Allah akan memperhatikan haknya. Dengan keberanian luar biasa, mereka mempertanyakan hak warisannya langsung kepada Musa. Ternyata Allah membenarkan tuntutan anak-anak Zelafehad itu. Bahkan Allah memberi perintah yang berlaku turun-temurun, yaitu bahwa jika sebuah keluarga tidak memiliki anak laki-laki, hak waris akan diberikan kepada anak perempuan (ay. 6-8).

Pembenaran yang dinyatakan Allah kepada keturunan Zelafehad menunjukkan bahwa Allah memang peduli terhadap mereka yang kurang beruntung. Mungkin kita merasa tidak beruntung karena kita tidak mampu lagi melihat adanya jalan keluar atas masalah yang kita alami. Mari mengingat bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Ia selalu peduli kepada orang-orang yang tidak beruntung seperti kita. Tangan-Nya terbuka untuk mendengar setiap keluhan kita dan Ia memberikan jalan keluar kepada mereka yang mencari pertolongan kepada-Nya. --SYS/www.renunganharian.net

DI SAAT KITA MELIHAT SEMUA PINTU TERTUTUP,
ALLAH SANGGUP MEMBUAT PINTU YANG BARU UNTUK KITA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org