Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/06/09

Minggu, 9 Juni 2019

Bacaan   : Kisah Para Rasul 2:1-11
Setahun : Nehemia 9-10
Nas       : Lalu mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus dan mulai berbicara dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk dikatakan. (Kisah Para Rasul 2:4)

Setiap Hari Pentakosta

Hari Pentakosta adalah hari raya orang Israel yang dirayakan setahun sekali. Hari raya ini dilaksanakan tujuh minggu setelah hari Paskah, karena itu dikenal juga sebagai hari raya Tujuh Minggu (Ul. 16:9, 10, 16). Kalau kita menghitungnya dalam hitungan hari maka tujuh minggu sama dengan empat puluh sembilan hari. Pentakosta, dalam bahasa Yunani berarti kelima puluh sehingga dikenal juga sebagai hari raya Tujuh Minggu. Hari raya ini dirayakan sebagai pengucapan syukur atas hasil panen gandum di satu tempat yang dipilih Tuhan. Orang Israel berkumpul di satu tempat untuk bersukaria setiap hari Pentakosta.

Setelah Yesus bangkit dari kematian dan sebelum Dia terangkat ke surga, Dia berkata kepada murid-murid untuk tidak meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ untuk menantikan janji Bapa yaitu Roh Kudus. Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat (ay. 1) dan turunlah Roh Kudus memenuhi mereka, menerima janji Bapa yang telah Yesus katakan sebelumnya. Karena peristiwa ini, hari Pentakosta kemudian dihubungkan dengan turunnya Roh Kudus.

Sekarang ini pun, Roh Kudus akan turun memenuhi kita, asalkan kita selalu membuka hati kita dan rindu untuk hidup dipimpin oleh-Nya. Roh Kudus membuat kita berkata-kata seperti yang diberikan oleh Roh itu, perkataan tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah (ay. 11), yang membuat orang lain menjadi percaya dan menerima Yesus. Setiap hari kita dapat berkata demikian dan bersukaria. Bagi kita sekarang, setiap hari adalah Pentakosta. --HST/www.renunganharian.net

BAGI KITA SETIAP HARI ADALAH PENTAKOSTA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org