Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/01/21

Senin, 21 Januari 2019

Bacaan   : 1 Raja-raja 17:1-7
Setahun : Keluaran 11-13
Nas       : Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu. (1 Raja-raja 17:6)

Jasa Palomas

Palomas (merpati) adalah sebutan yang diberikan untuk sebuah "kapsul" plastik biru sepanjang 1, 5 meter yang berjasa dalam upaya penyelamatan oleh para pekerja tambang Chile. Pada 5 Agustus hingga 13 Oktober 2010 lalu, sebanyak 33 pekerja terjebak di dalam area penambangan sedalam 700 meter di bawah tanah. Palomas pun dikirim berisi bahan makanan bergizi tinggi yang dapat menunjang kesehatan para pekerja tambang itu sebelum akhirnya mereka berhasil diangkat keluar dengan selamat.

Pengiriman palomas dalam kisah penyelamatan pekerja tambang San Jose mengingatkan saya akan pengalaman Elia di tepi sungai Kerit. Abdi Allah itu berada di sana selama musim kering. Allah mengirim burung gagak dua kali sehari membawa roti dan daging agar hamba-Nya itu tak kelaparan. Tak dijelaskan dari mana burung gagak itu mendapat roti dan daging, tetapi peristiwa itu membuktikan bahwa Allah tak pernah kehabisan cara dalam menjamin kehidupan hamba-Nya. Bagi kita umat-Nya, peristiwa itu meneguhkan alasan mengapa sebaiknya kita tidak perlu khawatir terhadap kebutuhan konsumsi sehari-hari (Mat. 6:25-32).

Sebagai Bapa yang baik, Allah takkan pernah membiarkan seorang pun anak-Nya menderita kelaparan. Janji pemenuhan kebutuhan yang masih berlaku bagi umat-Nya hingga hari ini, tanpa mengabaikan pentingnya bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup (bdk. 2Tes. 3:10). Bila perlu, Allah sanggup memakai sarana yang tak pernah kita bayangkan atau pikirkan, seperti ketika ia mengutus burung gagak ke tepi sungai Kerit! --GHJ/www.renunganharian.net

TERHADAP KEBUTUHAN UMAT-NYA, ALLAH TAK PERNAH ABAI,
SEBAB IA ADALAH BAPA YANG BAIK, MAHATAHU, DAN MAHAKUASA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org