Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/11/27

Selasa, 27 November 2018

Bacaan   : Efesus 5:1-21
Setahun : 1 Korintus 14-16
Nas       : Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. (Efesus 5:15-16)

Sosialita

Robert L. Peabody mendefinisikan sosialita sebagai seseorang yang berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan menghabiskan sebagian banyak waktunya untuk menghibur sekaligus mendapatkan hiburan. Mereka berjiwa sosial tinggi, yang ditunjukkan melalui tindakan suka menolong orang-orang yang kurang mampu dalam bentuk donasi dana atau sumbangan lainnya. Namun, sosialita mengalami pergeseran makna. Ada beberapa kelompok sosialita melakukan tindakan kurang mendidik, misalnya konsumerisme, hedonisme, berfoya-foya, gaya hidup mewah, bahkan ada yang melakukan tindakan melanggar norma agama.

Firman Tuhan dalam Efesus 5:15-16 dengan jelas memerintahkan kepada kita untuk berhati-hati dalam menjalani hidup. Hidup hati-hati dimulai dari mengenal atau mengetahui kehendak Tuhan. Bagaimana kita dapat mengenal kehendak Tuhan? Hidup menurut firman-Nya dan memberi diri dituntun oleh-Nya.

Kita dipanggil untuk hidup hati-hati karena hari-hari ini adalah jahat. Hal ini dibuktikan dengan kondisi yang ada di sekitar kita. Ada banyak tantangan dan godaan yang dapat membawa kita melakukan tindakan kejahatan atau dosa. Agar tidak jatuh ke dalam dosa, kita dituntut untuk bisa menggunakan waktu secara bijak. Waktu yang ada adalah sebuah peluang yang harus dipergunakan dengan baik. Isilah waktu yang ada dengan melakukan tindakan kebaikan, hidup taat kepada perintah firman Tuhan. Dengan begitu, kita bisa menjadi teladan serta contoh bagi orang-orang yang ada di sekitar kita. --WB/www.renunganharian.net

WAKTU MERUPAKAN SEBUAH KESEMPATAN YANG HARUS DIPERGUNAKAN
DENGAN BAIK, BIJAKSANA, DAN UNTUK MEMPERMULIAKAN TUHAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org